Gumuk Kantong Banyuwangi

0 209

Gumuk Kantong Banyuwangi

Gumuk kantong atau sering di sebut juga Goa Gumuk Kantong merupakan salah satu bukti peninggalan  bersejarah di Banyuwangi khusunya di Kecamatan Muncar. Gumuk kantong ini berlokasi tepat di sebelah utara dusun Palurejo, desa Sumbersewu, Kec. Muncar, Banyuwangi JaTim. Dapat di perkirakan bahwa Gumuk Kantong ini di bangun pada tahun 1942 – 1943. Sedangkan fungsi di buatnya gumuk ini yaitu sebagai tempat persembunyian pejuang – pejuang dari Indonesia pada tahun 1948. Pada utara Goa gumuk kantong ini ada sebuah ruangan yang memiliki funsi sebagai kandang meriam. Goa gumuk kantong ini berada 2 km ke arah sebelah utara dari pelabuhan Muncar.

Tak hanya itu, banyak orang yang berpendapat bahwa nama dari Gumuk Kantong ini berasal dari Gumuk yang artinya bukut dengan eberapa bunker peninggalan Jepang yang di sebut Kantong. Akan tetapi berdasrkan informasi dari seorang veteran yang duunya ikut membangun Gumuk Kantong dan ikut berperang melawan penjajah yang memilik nama Mbah Danus. Ia menegaskan bahwa nama dari Gumuk diambil dari keadaan gumuknya, karena Gumuk Kantong merupakan gugusan bukit kecil yang menjulang setinggi 40 m, karena dalam bahasa Jawa arti dari Gumuk itu bukit. Sedangkan nama kantong berasal dari pemilik tanah yaitu Mbah Kantong.

Sampai saat ini Goa Gumuk Kantong peninggalan para pejuang Indonesia ini masih dijadikan obyek wisata. Namun karena di ambil oleh TNI, goa ini makin tidak terawat dan terbengkalai, pada dinding goa banyak coretan – coretan dan sampah – sampah yang berserakan. Hanya pantainya saja yang terlihat Indah meskipun banyak sampah – sampah di sekitar laut. sampai sekarang Gumuk Kantong masih banyak di kunjungi oleh masyarakat di daerah Banyuwangi terutama bagi kalangan remaja.

Source Gumuk Kantong Banyuwangi Gumuk Kantong Banyuwangi
Comments
Loading...