Gudang Mesiu Tanjungpinang

0 22

Gudang Mesiu

Bangunan ini adalah tempat penyimpanan mesiu (obat meriam atau senapan). Kapan dan siapa yang mendirikan, tidak diketahui dengan pasti. Kemungkinan bangunan ini didirikan pada abad ke-18, yaitu pada masa pemerintahan Raja Ali, yang mana beliau melakukan pembenahan terhadap benteng-benteng di Pulau Penyengat untuk melanjutkan peperangan. Jadi, kemungkinan bangunan ini sezaman dengan Benteng Bukit Kursi dan Benteng Bukit Penggawa, karena fungsinya saling berkaitan.

Berdasar riwayat, dahulu di Pulau Penyengat ini terdapat 4 buah gudang mesiu, tetapi sekarang tinggal satu buah yang terletak di sebelah selatan Masjid Raya Penyengat. Gedung Mesiu berdiri di atas tanah kerajaan yang diserahkan pada pengurus masjid atau dikenal sebagai tanah antalmal. Secara keseluruhan, bangunan berdenah segi empat ini merupakan bangunan tembok beton. Bangunan ini mempunyai satu buah pintu masuk yang terletak di arah utara dengan bentuk lengkung di bagian atasnya. Selain itu, terdapat 2 buah jendela kecil berjeruji besi pada bagian dinding timur dan barat.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbsumbar/wp-content/uploads/sites/28/2018/08/Cagar-Budaya-Kota-Tanjung-Pinang.pdf
Comments
Loading...