Gua Tengkorak Kalimantan Timur

0 182

Lokasi Gua Tengkorak

Gua Tengkorak terletak di sebuah tebing kapur tegak desa Kasungai, Batu Sopang, Kabupaten Pasir, Kalimantan Timur.

Gua Tengkorak

Berada 4 km dari tepi jalan trans Kalimantan Km-130 Balikpapan-Banjarmasin. Gua Tengkorak adalah sebuah lubang di tebing pada ketinggian 20 meter. Lubang itu memiliki tinggi sekitar 1,5 meter, lebar 2 meter, panjang 3 meter.

Di ujung lubang terdapat lorong dengan lubang sempit yang harus dimasuki dengan merayap didalam dijumpai ruangan lain yang cukup luas dengan panjang kira2 10 meter dan tinggi 20 meter. Disana ada ornament gua yang cukup bagus. Lubang diatap gua, merupakan jalur laluan air yang membentuk lubang gua tsb. dan rekahan2nya membentuk stalagtit.

Gua tersebut berisi 35 tengkorak kepala dan ratusan tulang yg merupakan sisa jazad nenek moyang warga setempat. Untuk masuk kedalam ruangan kedua, tak pelak lagi badan menyenggol jazad2 ini karena tempat yang sempit.
Gua tengkorak berada di pinggiran desa yg menyeberangi dua sungai sejauh 500 meter menggunakan jembatan gantung yang cukup baik dan terlihat terawat. Untuk mencapai tebing, terdapat tangga naik yang aman untuk dinaiki.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbkaltim/ https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbkaltim/2017/03/gua-tengkorak-batu-sopang-kabupaten-pasir-kalimantan-timur/
Comments
Loading...