Gua Sumpang Bita Sulawesi Selatan

0 73

Lokasi Gua Sumpang Bita

Gua Sumpang Bita terletak di Kompleks Taman Prasejarah Sumpang bita, Makassar, Sulawesi Selatan.

Gua Sumpang Bita

Gua Sumpang Bita merupakan gua terbesar di Kabupaten Pangkep bahkan di Sulawesi Selatan, serta memiliki kubah yang tinggi dan melandai kebelakang. Berada pada ketinggian sekitar 280 meter diatas permukaan laut. Aksebilitas menuju gua relatif mudah karena tersedianya tangga yang terbuat dari semen selebar 1 meter mulai dari dasar bukit hingga tiba dipintu gua. Gua ini termasuk kedalam gua kekar lembaran dan memiliki 3 ruangan. Permukaan lantai gua cenderung datar dengan lebar 15 meter.

Tinggalan arkeologis pada gua ini berupa lukisan dinding, artefak batu, cangkang molusca, fragmen gerabah serta fragmen tulang dan gigi. Lukisan dinding berbentuk cap tangan dalam berbagai ukuran, cap kaki anak-anak, gambar menyerupai babi rusa dalam berbagai ukuran serta sebuah gambar/lukisan menyerupai perahu. Lukisan – lukisan tersebut berwarna merah dan sebagian besar ditemukan pada dinding sisi kiri gua.

Sementara temuan artefak batu ditemukan tersebar dipermukaan lantai gua. Adapun cangkang molusca yang ditemukan berasal dari kelas gastropoda dan pelecypoda tersebar dilantai hingga pelataran gua. Fragmen gerabah juga ditemukan tersebar di lantai dan pelataran gua sementara fragmen tulang dan gigi ditemukan dalam kondisi tersebar namun jumlah sangat sedikit.

Source https://matakita.co/ https://matakita.co/2017/07/08/taman-prasejarah-sumpang-bita/
Comments
Loading...