situsbudaya.id

Gua Saleh Kalimantan Timur

0 23

Gua Saleh

Gua Saléh merupakan gua yang besar dengan temuan garca tersebar di seluruh ruang dan di juga di bagian lorong-lorongnya. Di halaman depan gua ditemukan gambar ’track’ perburuan dan tera tangan. Tera-tangan ini disusun sedemikian rupa menjadi mirip bunga, berwarna coklat tua. Tera tangan ditemukan dalam kondisi yang sangat baik, karena tidak terkena sinar matahari langsung.

Pada plafon yang rendah ada sekawanan banteng. Imaji banteng ini hanya ditemukan di Gua Saléh, di tempat lain belum pernah ditemukan. Selain tera-tangan dan banteng, rusa merupakan imaji yang banyak digambar di goa ini. Rusa digambar di hampir semua dinding gua, mulai dari depan mulut gua sampai lorong-lorong di bagian timur. Di plafon balkon ruang utama dan di dinding atas ruang barat, selain tera tangan ditemukan juga antropomorfik dan ikan.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbkaltim/category/info-budaya/ https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbkaltim/pengelolaan-integratif-cagar-budaya-di-kawasan-karst-mangkulirang-kutai-timur/
Comments
Loading...