Gua Parat Pangandaran

0 276

Lokasi Gua Parat

Gua Parat terletak di Pangandaran, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.

Gua Parat

Gua Parat disebut juga dengan Gua Keramat. Dari namanya saja kita sudah barang tentu dapat mengetahui macam apa Goa Parat itu. Parat merupakan asal kata dari Bahasa Sunda dengan arti tembus. Jadi Goa Parat adalah Goa yang bisa dilewati dan ditembus sehingga pengunjung dapat keluar Goa tidak harus ke mulut Goa pertama masuk, namun pengunjung bisa keluar dari mulut Goa satunya lagi. Dalam artian, pengunjung dapat menembus Goa dari sisi yang satu ke sisi lainnya. Panjang alur Goa Parat ini sekitar 150 M. Banyak sekali keunikan-kunikan yang ada di dalam Goa Parat ini.

Goa Parat ini terdapat batu permohonan atau keinginan. Dimana batu permohonan tersebut mirip stupa candi Borobudur, dan sebelah atas kirinya ada sebuah lubang dengan di dalam lubang tersebut ada sebuah batu kecil sebesar kelereng. Menurut mitos, cerita, tahayul yang berkembang di masyarakat Pangandaran, jika pengunjung merogoh atau memasukkan tangan dan sempat menyentuh batu kecil sebesar kelereng di dalam atas stupa (batu permohonan) itu dan serta merta memejamkan mata sambil memohon kepada yang Maha Kuasa, apapun permohonannya itu akan segera terkabul. Tapi terkadang ada yang bisa menggapainya batu sebesar kelereng itu ada juga yang tidak bisa. Karena lubang kecil, batu permohonan itu lumayan tinggi dari alas goa Parat itu sendiri.

Legenda Gua Parat

 

Menurut cerita gua ini dahulunya merupakan untuk bertapa dan bersemedi oleh beberapa Pangeran dari Mesir yaitu Pengeran Kesepuluh (Syech Ahmad), Pangeran Kanoman (Syech Muhammad), Pangeran Maja Agung dan Pangeran Raja Sumende. Pangeran Maja Agung mempunyai istri empat yang salah satu istrinya bernama Dewi Cimilar Putri Jin, mempunyai seorang Putri bernama Dewi Ranggasmara.

Pangeran Pangeran Batara Sumenda adalah kakak dari Pangeran Maja Agung. Pada suatu hari Pangeran Maja Agung memanggil kedua putranya Pangeran Ahmad dan Pangeran Muhammad untuk memberikan tugas untuk mengislamkan daerah Ciamis Selatan. Pangeran Maja Agung percaya bahwa kedua anaknya dapat menjalankan tugasnya karena mereka mempunyai kesaktian dari sepuluh jimat yang disebut Konco Kaliman. Adik tirinya yang bernama Dewi Ranggasmara pernah meracuni kedua kakaknya karena menginginkan jimat, akan tetapi perbuatannya segera diketahui. Sebagai pembalasannya kakaknya hendak memperkosa adiknya tetapi hal itu tidak sempat dilakukan karena sempat diketahui oleh penakawannya.

Pada hari yang telah ditentukan Pangeran Ahmad dan Muhammad pergi untuk menjalankan tugasnya akan tetapi Pangeran Maja Agung tidak mendapat berita tentang putranya. Kemudian mengutus kakaknya Pangeran Raja Sumenda untuk mencarinya. Pangeran Raja Sumenda pergi sendirian dari Mesir, beliau mendengar suara yang memberitahukan bahwa kedua keponakannya ada dalam sebuah gua.

Setelah ketemu kemudian melapor kepada Raja Maja Agung, tidak lama kemudian beliau menyusul dan bersama-sama bersemedi di gua ini yang sekarang diberi nama Gua Keramat. Didalam gua ini terdapat dua kuburan yang bukan sebenarnya, hanya sebagai tanda saja bahwa ditempat inilah syech Ahmad dan Muhamad menghilang (tilem).

Source Gua Parat Pangandaran Jawa Barat
Comments
Loading...