Gua Panggung Pangandaran

0 108

Lokasi Gua Panggung

Gua Panggung terletak di Pangandaran, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat 46396.

Gua Panggung

Pemberian nama Gua Panggung oleh masyarakat setempat dikarenakan di dalam gua tersebut terdapat stalakmit besar yang menyerupai panggung. Gua Panggung ini memiliki dua buah mulut gua yang menghadap ke arah barat laut dan arah timur. Ukuran mulut gua yang berada di sebelah barat laut memiliki lebar ± 18 meter dan tinggi ± 19,20 meter, sedangkan mulut gua sebelah timur memiliki ukuran lebar ± 23,94 meter dan tinggi ± 15,78 meter. Selain itu Gua Panggung juga memiliki panjang gua sekitar ± 115,95 meter dan Gua Panggung memiliki denah seperti huruf “L”.

Kondisi saat ini di depan mulut gua sebelah barat laut terdapat tiga buah lubang galian liar, sedangkan di dalam gua terdapat sekitar tujuh buah lubang bekas galian liar. Lubang-lubang galian liar ini di buat oleh masyarakat setempat yang mempercayai berita mengenai adanya harta karun yang tertimbun di dalam Gua tersebut.

Pada Gua Panggung ditemukan adanya gejala temuan arkeologis yang berupa pecahan gerabah; temuan Kjokkenmoddinger (sampah dapur dalam bahasa Denmark), sampah dapur ini berupa tumpukan fosil kulit kerang dan siput; dan arang.

Pada lubang galian liar di mulut gua sebelah barat laut pada dinding barat banyak ditemukan temuan dugaan arkeologis berupa fragmen tulang hewan;fosil gigi taring;alat batu;pecahan gerabah. Berdasarkan temuan-temuan diatas diduga Gua Panggung dahulunya merupakan gua hunian dari masa prasejarah.

Source Gua Panggung Pangandaran Jawa Barat
Comments
Loading...