Gua Ngkobori (Lia Ngkobori)

0 93

Gua Ngkobori (Lia Ngkobori)

Gua Ngkobori (Lia Ngkobori) berarti Gua Bertulis. Gua ini berada dalam satu area dengan Gua Metanduno. Ketika memasuki situs purbakala Desa Liangkobori Kecamatan Lohia, gua yang pertama-tama kita lihat adalah Gua Metanduno, lalu kita menjumpai Gua Ngkobori, kurang lebih 50 meter berada di belakang Gua Metanduno.

Dinding gua dipenuhi dengan berbagai lukisan-lukisan unik yang menggambarkan kehidupan masyarakatnya. Lukisan tersebut masih tetap terjaga keasliannya, terutama bentuk dan kecemerlangan warnanya. Lukisan ini diperkirakan terbuat dari tanah liat dan getah pohon.

Jenis lukisan pada Gua Ngkobori memiliki makna masing-masing. Lukisan pemburu berkuda, menunjukkan ketangkasan berburu sudah cukup tinggi pada saat itu. Lukisan kehebatan prajurit bertombak, menunjukkan kesiapan mereka menantang musuh dan juga ilmu mereka bidang peperangan sudah ada. Lukisan perahu layar, menujukkan mereka telah mengenal ilmu pelayaran. Serta terdapat lukisan pohon kelapa yang menujukkan telah adanya kemajuan pertanian dan masih banyak lagi lukisan-lukisan lainnya.

Source https://www.dinelyku.com https://www.dinelyku.com/2018/12/kumpulan-peninggalan-sejarah-di.html
Comments
Loading...