situsbudaya.id

Gua Mentis Kalimantan Timur

0 33

Gua Mentis

Gua Mentis memiliki morfologi lantai gua landai, cukup terbuka dengan beberapa pilar di dalamnya. Pencahayaan pada mulut gua hingga pilar besar di tengah gua terang, lorong, cukup terbuka dengan beberapa pilar di dalamnya. Pencahayaan pada mulut gua hingga pilar besar di tengah gua terang, lorong di belakang pilar temaram. Pada langit-langit gua sisi utara terdapat stalaktit. Morfologi luar gua dari mulut gua ke dataran di bawahnya kemiringan lereng mencapai 900, dari mulut gua ke atas 950. Akses menuju gua harus menggunakan bantuan tali karena terjal. Gua terdekat dari Gua Mentis adalah Gua Keboboh di sisi utara dan Gua Kayu Sapung di sisi selatan.

Gambar prasejarah yang menjadi salah satu poin penting pada gua tersebut sudah banyak yang rusak, akibat lingkungan dan manusia. Terlihat bahwa temuan cap tangan negatif baik pada langit-langit maupun dinding gua sudah mengalami pengelupasan, aus, tertutup ganggang dan vandalisme. Jumlah gambar yang masih dapat diidentifikasi adalah 21 gambar. Gambar yang terdapat pada langit-langit sebelah kiri mulut gua terdapat lima gambar, satu gambar berwarna merah dengan motif titik-titik dengan kondisi masih utuh dan empat gambar berwarna merah dengan kondisi dua gambar sudah mengalami pengelupasan dan aus. Jarak temuan dari DP berkisar 4,36 m dan dengan arah (28°).  Pencahayaan di langit-langit ini dikategorikan sangat tinggi karena langsung terkena matahari.

Temuan gambar cadas juga terdapat pada langit-langit bagian depan (selatan) dengan jumlah tujuh gambar, dua gambar dengan motif geometris dan titik-titik, dua gambar yang sudah mengalami pelapukan, dua gambar bertumpuk yang dilapisi ganggang serta satu gambar tanpa motif. Jarak gambar dari DP berkisar 5,90 m dengan arah (60°). Pencahayaan digolongkan sangat tinggi karena langsung tersinari cahaya matahari. Dinding sebelah kanan juga dipenuhi cap telapak tangan negatif yang berwarna merah dengan kondisi yang masih utuh, dengan jarak dari DP 12, 53 m dengan arah (44°). Kategori pencahayaan adalah temaram. Pada dinding sebelah kiri juga terdapat dua cap telapak tangan negatif yang masih utuh dengan warna merah yang berjarak 10,40 m dengan arah (38°), dengan kategori pencahayaan temaram.
Tabel Cap Tangan Negatif di Gua

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbkaltim/ https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbkaltim/gua-mentis-kawasan-karst-sangkulirang-mangkalihat/
Comments
Loading...