Gua Mardua Kalimantan Timur

0 116

Gua Mardua

Gua Mardua merupakan gua tebing yang terletak pada dinding perbukitan karst (Gunung batu) dengan ketinggian sekitar 50 meter dari permukaan tanah atau 130 meter dari permukaan laut (dpal). Untuk mencapai gua tersebut harus mendaki jalan setapak yang cukup terjal (sekitar 80º) dan menembus hutan semak-belukar. Secara morfologis, Gua Mardua mempunyai bentuk memanjang dengan ukuran lebar halaman 3 meter dan panjang sekitar 42 meter serta mempunyai 2 lorong ke arah dalam.

Jejak tinggalan arkeologis yang terdapat di Gua Mardua berupa gambar-gambar telapak tangan berwarna merah (9 buah), gambar pohon (1) berwarna merah (1 buah), gambar-gambar hewan (hewan melata dan laba-laba) berwarna merah 4 buah. Seluruh gambar-gambar berwarna merah (dibuat dari bahan pewarna hematit) ini terletak di dinding pintu gua; berjajar dari utara – selatan (menghadap ke timur) dengan tinggi antara 4 – 5 meter dari lantai gua. Selain itu, di gua ini juga ditemukan sekitar 20 jenis gambar perahu (Austronesia ?) dan perahu uap dengan warna hitam (dari bahan arang) yang dilukis hanya setinggi manusia, sehingga sudah banyak yang tertimpa coretan baru dari para pengunjung.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbkaltim/category/info-budaya https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbkaltim/pengelolaan-integratif-cagar-budaya-di-kawasan-karst-mangkulirang-kutai-timur/
Comments
Loading...