Gua Liang Sipege Sumatera Utara

0 123

Lokasi Gua Liang Sipege

Gua Liang Sipege terletak di Desa Simarmar Pea Talun Hutagaol, Kecamatan Balige, Sumatera Utara.

Gua Liang Sipege

Gua ini telah berumur ratusan tahun, menurut cerita Gua ini mempunyai kisah mistis bagi penduduk daerah itu maupun bagi keturunan marga Panjaitan yakni Raja Situngo maupun anaknya Raja Sijorat Paralim. Gua itu sendiri panjangnya puluhan kilometre yang bisa tembus hingga ke Tarutung Kabupaten Tapanuli Utara. Sedangkan penghuni dari goa itu sendiri ada seekor ular yang besar yang saat ini masih dipercayai keberadaanya, selain itu saat kita berada sekitar 200 meter dari luar menuju ke dalam adalah sarang dari burung walet dan kelelawar.

Kisah mistis yang masih dipercaya masyarakat sekitar, bahwa di dalam gua liang Sipege itulah tempat dilahirkannya Raja Sijorat Paraliman (Silundu Nipahu), salah seorang raja dari marga Panjaitan (sundut patoluhon maon sian Raja Panjaitan – red) yang mempunyai kesaktian, kesaktiannya sejajar dengan Raja Sisingamangaraja I (pertama). Hal itu sesuai dengan penuturan warga sekitar.

Kisah Raja Sijorat Paralim yang dilahirkan di Gua Liang Sipege itu awalnya, Raja Situngo Naiborngin yang menikah dengan boru Hutapea asal Laguboti Kecamatan Laguboti adalah orang tua dari Raja Sijorat Paralim tersebut tak kunjung memiliki anak, walaupun mereka telah menikah selama tiga tahun.

Menurut cerita dari warga tersebut Gua Liang Sipege tersebut bisa tembus ke Tarutung Kabupaten Tapanuli Utara. Hal itu karena, setiap musim panen di Tarutung jerami padi selalu ada muncul dari dalam Gua tersebut. Namun, itu dulu, sekarang tidak lagi karena gua itu sudah tertutup, karena ada longsor dipertengahan Gua itu. Sebelum gua itu tertutup, dulu pernah ada beberapa orang yang mengaku datang dari Jakarta mencoba masuk ke Gua dengan maksud menengetahui dan menelitinya.

Source http://www.tobatabo.com/ http://www.tobatabo.com/2520+daya-tarik-eksotisme-mistis-gua-alam-liang-sipege-balige.htm
Comments
Loading...