Gua Lanang Di Pananjung

0 100

Lokasi Gua Lanang

Gua Lanang terletak didalam kawasan cagar alam Pananjung Pangandaran, Jawa Barat, dengan koordinat 7°42,442’S 108°39,508’E.

Gua Lanang

Dimana menurut legenda dulunya Gua Lanang merupakan keraton Kerajaan Pananjung dengan Rajanya bernama Prabu Anggalarang dan Permaesurinya Dewi Siti Samboja yang dikenal dengan nama Dewi Rengganis dengan dibantu oleh Patih Aria KIdang Pananjung.

Raden Anggalarang adalah putra Prabu Haur Kuning seorang raja kerajaan Galuh Pangauban yang berpusat di Putrapinggang kemudian mendirikan kerajaan Pananjung atas kemauannya sendiri, walaupun ayahnya telah memperingatkan dengan alasan tidak akan berjaya karena rawan gangguan dari para Bajo ( bajak laut ), Raden Anggalarang tetap pada pendiriannya karena daerah Pananjung merupakan tempat yang cocok bagi dirinya untuk mendirikan pusat pemerintahan. Prabu Anggalarang adalah seorang laki – laki yang gagah dan sakti sehingga dijuluki ” Sang Lanang ” dan gua ini merupakan tempat tinggalnya maka disebut ” Gua Lanang “.

Kelebihan Goal Lanang

Goa Lanang tidak hanya memiliki keindahan alam yang di padukan dengan sungai dan cerita Prabu Anggalarang saja, akan tetapi wisatawan akan dikenalkan dengan fauna yang ada disana misalnya kelelawar yang banyak bergelantungan di dinding-dinding goa saking banyaknya orang sekitar menyebutnya dengan kerajaan kelelawar. Tidak sampai di situ ketika musim menggarap sawah wisatawan akan dikenalkan bagaimana menanam padi, meliat petani membajak sawah bahkan wisatawan bisa main lumpur bersama.

Source Gua Lanang Di Pananjung Jawa Barat
Comments
Loading...