Gua Kemang Sumatera Utara

0 16

Gua Kemang

Gua Kemang adalah sebuah situs Cagar Budaya yang berada di Dusun Durian Tani Desa Sembahe Kecamatan Sibolangit Kabupaten Deli Serdang Provinsi Sumatera Utara, letaknya tepat ditepi jalan raya Medan menuju Berastagi. Untuk mencapai ke desa Sembahe membutuhkan waktu ± 1 jam dari kota medan dengan kendaraan umum. Dari kota menuju ke lokasi situs Gua Kemang membutuhkan waktu sekitar 10 menit dengan berjalan kaki menyusuri jalan setapak yang mendaki bukit dengan jarak tempuh ± 1,5 km ke arah timur, untuk mencapai ke Gua Kemang menaiki 62 anak tangga yang dibuat dari semen. Keadaan gua ini cukup terawat meskipun berada di antara rimbunan pohon dan semak belukar. Situs Gua Kemang ini berada di koordinat UTM 46 N 07578140609933.

Menurut masyarakat setempat cerita yang berkembang ceruk pada dinding utara berfungsi sebagai tempat simpam senjata sedangkan ceruk didinding bagian timur berfungsi untuk tempat memasak, bahkan tungkunya terbuat dari emas namun sekarang tidak ada lagi dan sebagian masyarakat menganggab bahwa Gua Kemang rumah mahluk halus ( Umang- makluk halus) yang mempunya bentuk tubuh ± 1 meter.

Juga cerita masyarakat setempat bahwa dulunya daerah sembahe adalah daerah persinggahan dan asal kata “ Sembahe” yang berati “sembah ini”. Namun belum didapatkan apakah arti sembahe itu Kendati demikian Gua Kemang sangat memungkinkan sebagai media pemujaan hal ini terlihat dari pintu masuk yang pada bagian atasnya berbentuk tapal kuda dihiasi dengan segi tiga sebagai profil. penilaian yang dilakukan secara arkeologis Gua Kemang berfungsi sebagai tempat pertapaan/pemujaan atau tempat semedi yang di keramatkan oleh masyarakat setempat yang disebut “bukit tirta nadi”.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbaceh/situs-gua-kemang-di-sibolangit-sumatera-utara/
Comments
Loading...