Gua Keboboh Kalimantan Timur

0 83

Gua Keboboh

Situs Gua Keboboh merupakan salah satu kompleks gua-gua dan ceruk alam yang ada di deretan Pegunungan Marang di Desa Tepian langsat, Kecamatan Bengalon, Kabupaten Kutai Timur. Di kompleks ini sedikitnya telah ditemukan 2 buah gua yang mengandung indikator arkeologis (Gua Kebobo-1 dan Kebobo-2), sedangkan 1 gua lainnya (Gua Kebobo-3) sudah dimanfaatkan sebagai lokasi ternak sarang burung walet. Lokasi Gua Kebobo-1 terletak pada dinding perbukitan Marang dengan kemiringan hampir 80º dan berada pada ketinggian antara 30 – 40 meter dari permukaan air Sungai Marang.

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di Situs Gua Kebobo-1 dan Kebobo-2 pada tahun 2004, membuktikan bahwa kedua gua ini pernah dipakai sebagai hunian dan aktivitas manusia pada masa lalu (prasejarah). Melalui pembuatan 4 buah kotak lubang uji (test-pit) dengan kedalaman rata-rata hampir 1 meter yang dilakukan dalam penelitian tersebut telah didapatkan berbagai temuan yang sangat melimpah di situs ini. Jejak tinggalan arkeologis tersebut antara lain berupa fragmen tembikar (hias dan polos), fragmen tulang dan gigi manusia/hewan, manik-manik dan perhiasan kerang, alat serpih-bilah (dari batu api), hematit, fragmen cangkang kerang, fragmen buah/biji damar, dan sisa-sisa bekas pembakaran (arang dan tanah terbakar).

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbkaltim/category/info-budaya/ https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbkaltim/pengelolaan-integratif-cagar-budaya-di-kawasan-karst-mangkulirang-kutai-timur/
Comments
Loading...