Gua Kaujon

0 146

Gua Kaujon

Selain Masjid Kuno Kaujon, pada lokasi ini juga telah ditemukan sebuah gua atau bungker yang berada dibawah areal pemukiman warga dan tepat berada di sebelah aliran sungai Cibanten. Temuan gua atau bungker ini secara astronomis berada pada titik koordinat 06º 07’ 12,2” Lintang selatan dan 106º 09’ 25,1” Bujur Timur. Kondisi gua atau bungker saat ditemukan telah tertutup oleh ranting-ranting pepohonan. Bangunan bunker tersebut memiliki ukuran yang tidak terlalu besar dan hanya muat untuk satu orang saja. Bangunan yang diperkirakan sebagai bunker tersebut dibuat dengan cara memahat batu cadas sedemikian rupa sehingga membentuk sebuah cerukberbentuk segi empat yang diukir dengan halus.

Untuk menuju gua atau bungker tersebut kita harus melewati tangga yang dibuat dari bahan yang sama untuk menuju ke bunker. Lokasi bunker yang terlalu rendah dan tepat di dinding sungai hanya dapat digunakan dan dilihat ketika air sedang surut. Kondisi gua atau bungker saat ini tidak terlalu terawat. Dinding bangunan ditumbuhi lumut dan jamur. Jejak vandalisme juga ditemukan di dinding bunker, berupa goresan tulisan huruf latin.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbbanten/potensi-cagar-budaya-di-aliran-sungai-cibantenhasil-ekspedisi-aliran-sungai-cibanten/
Comments
Loading...