Gua Jepang Putra Pinggan Kabupaten Pangandaran

0 246

Lokasi Gua Jepang Putra Pinggan

Gua Jepang Putra Pinggan terletak di Kampung Ranca Kalong RT/RW 04/01, Dusun Karangsari, Desa Putra Pinggan, Kecamatan Kalipucang, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat.

Gua Jepang Putra Pinggan

Mulut gua berada di sisi selatan, menghadap ke arah laut. Gua dipahat langsung dari bongkahan batu alam, terdapat dua buah gua. Gua Jepang 1 mempunyai lebar mulut gua 323 cm dengan tinggi mulut gua 200 cm. Di depan gua ditumbuhi semak-semak. Kondisi dinding gua berlumut, lantai goa berupa tanah. Dari mulut gua masuk sekitar 6 m, ruangan di dalam gua terpisah menjadi dua, yakni sisi timur dan barat.  Ruangan sisi timur berukuran 326 cm x 303 cm, adapun ruangan sisi barat berukuran 306 cm x 275 cm.

Serupa dengan Gua Jepang 1, gua Jepang 2 juga dipahat langsung dari batu alam. Mulut gua menghadap ke arah laut, di depan gua ditumbuhi semak-semak. Mulut gua agak pendek sehingga untuk masuk gua harus sedikit merunduk. Lebar mulut gua 308 cm dengan tinggi 185 cm. Semakin ke dalam, gua semakin tinggi sehingga tidak perlu merunduk.  Dinding gua lembab dan ditumbuhi lumut. Lantai gua berupa tanah.

Bagian dalam Gua Jepang 2 ini serupa dengan Gua Jepang 1, dari mulut gua masuk sekitar 700 cm kemudian ruangan terbagi menjadi dua. Ruangan sisi timur berukuran 344 cm x 356 cm, adapun ruangan sisi barat berukuran 275 cm x 386 cm dengan bongkahan batu besar di dalamnya.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbbanten/ https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbbanten/gua-jepang-putra-pinggan-kabupaten-pangandaran/
Comments
Loading...