Gua Jepang Parangtritis Yogyakarta

0 15

Gua Jepang Parangtritis

Tahun 1942, sekitar satu tahun setelah menyerang Pearl Harbor di Hawaii, Amerika Serikat, Jepang mulai mengalihkan perhatiannya ke negara-negara Asia Tenggara. Setelah menduduki beberapa kota lain di Indonesia, akhirnya mereka sampai ke Yogyakarta pada tanggal 5 Maret 1942. Setelah mengusir tentara Belanda, Jepang langsung membuat pos-pos pertahanan utama untuk menahan laju tentara sekutu yang ingin merebut kembali wilayahnya di Indonesia. Salah satu pos pertahanan tersebut masih bisa kita jumpai di Bukit Pundong, Kretek, lokasi berdirinya 18 gua pertahanan jepang yang menggambarkan suasana dari masa Perang Dunia II.

Tempat ini terkenal bukan hanya karena nilai sejarahnya, namun juga karena pemandangan yang disebut-sebut sangat mengagumkan. Konon, kita bisa melihat seluruh pesisir Pantai Parangtritis dan Pantai Depok dari lokasi ini, ditambah pemandangan Perbukitan Menoreh dan kabupaten Bantul dari ketinggian.

Semak-semak berdaun kering menghiasi sebagian besar kompleks seluas 12 hektar ini, ditutupi oleh beberapa pohon Jati (Tectona grandis) yang tegak dan suara gemuruh ombak di kejauhan. Jalan aspal ternyata hanya tersedia sampai di sebuah perempatan yang menjadi pintu masuk utama ke kompleks tersebut. Selanjutnya, kami harus berjalan kaki menapaki jalan-jalan berbatu untuk melihat seluruh gua yang ada di kompleks ini, masing-masing memiliki desain dan view yang berbeda-beda. Seluruh gua di kompleks ini memiliki dinding abu-abu yang muram, ditambah suasana yang lembab dan remang-remang membangkitkan kenangan dan atmosfir di waktu perang.

Source https://www.yogyes.com https://www.yogyes.com/id/yogyakarta-tourism-object/pilgrimage-sites/gua-jepang-parangtritis/
Comments
Loading...