Gua Ham Kalimantan Timur

0 78

Gua Ham

Gua Ham awalnya bernama Gua Terusan dan kemudian diganti menjadi Gua Ham untuk menghormati pak Ham (pemandu lokal) yang menemukan gua ini. Gua Ham mempunyai halaman lebih luas dari Gua Saléh. Kondisi ruang gua datar dan kering. Gua Ham seperti halnya Gua Saléh, dindingnya dipenuhi oleh gambar-gambar cap tera-tangan.

Tera tangan di Gua Ham berjumlah lebih dari 370, yang dewasa umumnya diberi corak atau dipergayakan. Tera-tangan tersebut ada yang dibubuhi fauna dan sosok manusia (saman). Ada pula tera-tangan dewasa yang menampilkan hanya 2 jari saja, namun tampakya hal ini bukan mutilasi. Tera-tangan anak digambar polos dan mempunyai tempat khusus di ruang paling utara. Yang menarik dari goa ini adalah tidak ditemukan imaji fauna, kecuali trenggiling dan ikan. Trenggiling adalah jenis binatang yang masih hidup di seluruh Kalimantan sampai saat ini.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbkaltim/category/info-budaya/ https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbkaltim/pengelolaan-integratif-cagar-budaya-di-kawasan-karst-mangkulirang-kutai-timur/
Comments
Loading...