Gua Baringin

0 18

Gua Baringin

Gua beringin terletak diantara pemukiman penduduk dan pasar Nagari Paninggahan. Pintu masuk gua melintang ke arah Barat-Timur. Pada gua ini pernah dilakukan ekskavasi pada tahun 1991 yang menemukan beberapa temuan berupa artefak, yaitu fragmen gerabah berhias, fragmen gerabah baru, fragmen keramik Belanda, dan mata uang logam dan temuan ekofak yang berupa tulangtulang binatang, gigi geraham dan taring binatang, serta kulit kerang dan cangkang siput.

Lokasi Gua Baringin terletak dipinggir jalan Kampung Tangah (dekat dengan Pasar Paninggahan). Secara umum lokasi terletak di daerah/bentang lahan yang miring/lereng. Orientasi pintu gua melintang ke arah barat-timur. Ruangan gua yang dapat dimasuki lebih kurang 6 meter dari pintu gua. Lebar pintu gua 2,1 meter dan tinggi 0,9 meter. Pada bagian depan gua membentu shelter sepanjang 24 meter. Pada bagian depan gua ini terdapat stalaktit. Saat tim pelaksana meninjau lokasi, di areal sekitar pintu gua banyak terdapat sampah rumah tangga.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbsumbar/wp-content/uploads/sites/28/2018/08/Cagar-Budaya-Kabupaten-Solok.pdf
Comments
Loading...