GPIB Immanuel Malang

0 207

Lokasi GPIB Immanuel

GPIB Immanuel terletak di Jl. Merdeka Barat No.9, Kauman, Klojen, Kota Malang, Jawa Timur 65119.

GPIB Immanuel

GPIB Immanuel berdiri sejak tahun 1861, membuat GPIB Immanuel menjadi gereja tertua di Malang. Untuk melakukan renovasi terhadap gereja ini dibutuhkan izin dari Pemerintah Kota Malang, karena GPIB Immanuel termasuk salah satu cagar budaya yang dilindungi. Tidak mengherankan jika arsitektur bagian dalam dan luar gereja ini masih sama seperti gereja-gereja umat Kristiani pada zaman penjajahan Belanda dahulu. Di dalamnya, hanya ada tempat duduk jemaat dan mimbar saja. Gereja ini telah mengalami beberapa kali renovasi, di antaranya pada tahun 1912 dan 2005 silam. Tempat beribadah kaum Kristiani ini masih kokoh berdiri hingga kini dan mampu melayani sekitar 1.200 jemaat yang selalu memadati tempat ibadah ini setiap pekan.

Selain itu, GPIB Immanuel juga menyimpan dua Alkitab kuno yang usianya hampir 400 tahun. Alkitab-alkitab kuno itu tersimpan rapi di sebuah lemari di dalam gereja. Alkitab yang memiliki tahun cetak 1618 itu masih utuh dan dapat dibaca jelas. Dua Alkitab itu memiliki sampul dengan bahan kulit dan dilengkapi dengan pengait sampul depan dan belakang yang terbuat dari besi. Konon berat masing-masing Alkitab ini hampir mencapai lima kilogram dan memiliki ketebalan sekitar sepuluh centimeter.

GPIB Immanuel diresmikan 30 Juli 1861 dengan nama Protestanche Gemente te Malang. Pembangunannya didasarkan pada terbentuknya jemaat Protestan di Malang kala itu. Jalan tempat gedung gereja Protestan ini berdiri dulunya disebut Alun-alun Kulon No. 9. Sejak 1948, nama GPIB Immanuel mulai dipakai oleh gereja tersebut.

Gereja ini awalnya digunakan sebagai tempat ibadah orang-orang Belanda dan Eropa lainnya yang beragama Kristen Protestan. Gedung gereja ini juga digunakan sebagai tempat pelayanan bagi orang-orang Belanda, Pendeta Belanda dan juga guru-guru agama dari Belanda. Pendeta dan pengurus gereja ini yang merupakan orang Belanda pun menggunakan bahasa Belanda dalam peribadatannya.

Source GPIB Immanuel Malang Malang
Comments
Loading...