situsbudaya.id

Goa Pelintung Riau

0 92

Lokasi Goa Pelintung

Goa Pelintung terletak di Kelurahan Pelintung, Kecamatan Medang Kampai, Riau.

Goa Pelintung

Goa itu dulunya tidaklah menyerupai Bukit , namun setelah penyimpanan harta karun oleh para bajak laut Siam yang berasal dari China Saigon, mereka menimbun goa itu dengan batu batuan dan tanah. Akhirnya goa itu menyerupai bentuk bukit, dan kenapa cerita yang berkembang dimasyarakat, bukit itu dikenal dengan nama bukit kerudung. bukit ini terdapat di Kelurahan Pelintung Kecamatan Medang Kampai Kota Dumai. Goa itu dulunya tidaklah menyerupai bukit, namun setelah kejadian penyimpanan harta karun oleh para bajak laut Siam yang berasal dari China Saigon, mereka menimpun goa itu dengan batu-batu dan tanah.
Akhirnya goa itu menyerupai berbentukbukit, dan kenapa cerita yang berkembang dimasyarakat bukit itu dikenal dengan bukit Kerudung, memang jika dilihat dari jauh, bukit itu sangat mirip sekali dengan orang memakai kerudung. Alkisah, dulu ada serombongan bajak laut Siam yang berasal dari China Saigon .Salah seorang pedagang yang selamat saat dirampok menyebut kan mereka menamai dirinya adalah bajak laut Siam. Wilayah mereks beraksi di kawasan selat Malaka dan sekitarnya. Mereka terkenal sangat kejam dan tidak segan-segan untuk menghabisi nyawa orang lain hanya demi harta yang ingin mereka rampok. Jumlah mereka cukup banyak dan sangat mahir dalam melakukan kegiatannya. Apalagi ketua mereka dikenal sangat berani dan kebal terhadap senjata tajam.
Berita tentang adanya bajak laut atau perampok Siam itu sudah tersebar dimana-mana. Namun belum seorang pun yang dapat membasmi mereka dikarenakan kekompakan, kekuatan yang merka miliki. Keamanan perdagangan di Selat Malaka waktu itu agak terganggu oleh kehadiran mereka. hal ini membuat kerajaan-kerajaan yang ada dipesisir selat Malaka oleh bajak laut itu. Konon kabar pada suatu hari, berita tentang adanya bajak laut itu sampailah dipulau Merbau. Di pulau itu ada seorang pendekar bernama Pendekar Ali.
Pendekar Ali dikenal oleh masyarakat pulau Merbau sebagai orang yang berilmu tinggi, memiliki ilmu bela diri yang mantap dan kuat. Mendengar berita itu pendekar Ali merasa tidak senang, dan mempersiapkan diri untuk melakukan perlawanan dengan bajak laut Siam. Keinginan itu bukanlah semata-mata bahasa dimulut saja, tapi pendekar Ali langsung mebuktikan kalau dia benar-benar akan melakukan perlawanan dengan bajak laut Siam. Akhirnya berangkatlah pendekar Alidan sahabat-sahabat nya dari pulau Merbau dengan beberapa kawannya menuju arah Selat Malaka, memakai tongkang yang dimilikinya.
Source https://www.blogger.com/about/?r=1-null_user http://kotadumaiku.blogspot.co.id/2012/11/goa-pelintung.html
Comments
Loading...