Goa Kerbau Jambi

0 90

Goa Kerbau

Goa Kerbau terletak di Desa Napal Melintang, Kec. Limun, Sarolangun, Jambi.

Goa Kerbau

Goa ini berada di sebelah barat daya Bukit Colaw Petak ± 100 m dari Sungai Ketari. Gua kerbau terdiri atas 3 buah ceruk/ lubang yang letaknya berdampingan. Di sekitar gua terdapat pohon beringin yang akarnya menempel di bukit. Ceruk/ gua bagian kiri mempunyai lebar 3,1 m dan tinggi 3,1 m dengan kedalaman ± 5 m. Pada bagian dalam terdapat lorong kecil yang tidak dapat dimasuki manusia.

Ceruk/ gua bagian tengah mempunyai ukuran yang paling besar dengan lebar 5 m dan tinggi 1,6 m serta dalam ± 5 m. Ceruk/ gua bagian kanan mempunyai lebar 2,5 m dan tinggi 2,2 m. Adapun kedalamannya mencapai 7 m dengan bentuk semakin ke dalam semakin mengecil. Pada bagian langit-langit mulut gua terdapat lukisan prasejarah. Lukisan ini berupa figur binatang (kerbau?) yang diberi warna hitam secara keseluruhan (diblok), figur anthropomorfik yang berwarna putih, dan bentuk-bentuk geometris yang juga berwarna putih.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbjambi/ https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbjambi/2018/02/14/goa-kerbau-desa-napal-melintang-kec-limun-sarolangun/
Comments
Loading...