Goa Kacamata Bengkulu

0 253

Lokasi Goa Kacamata

Goa Kacamata terletak di Desa Lebong Tambang, Kecamatan Lebong Utara, Bengkulu.

Goa Kacamata

Goa Kacamata atau Lobang Kacamata sebenarnya merupakan lokasi penambangan emas peninggalan Belanda. Lobang raksasa ini merupakan sisa-sisa aktifitas penambangan emas yang dilakukan oleh kolonial Belanda di masa lalu, karena emasnya sudah habis maka kini dijadikan obyek wisata alam.

Akibat aktivitas tambang dahulu, hingga akhirnya meninggalkan lobang seperti goa yang berbentuk seperti lingkaran yang tidak beraturan di dinding tebing. Goa buatan ini terbentuk ketika di awal tahun 1900-an dilakukan eksploitasi pertambangan di Lebong. Saat ini oleh masyarakat setempat dijadikan tempat penambangan tradisional. Aktivitas penambangan emas tradisional ini merupakan daya tarik sendiri bagi wisatawan yang ingin melihat dari dekat cara penambangan emas tersebut.

Dan karena bentuk lobang yang unik menyerupai kacamata, maka masyarakat sekitar memberi nama Lobang Kacamata. Obyek wisata Lobang Kacamata merupakan bukti sejarah penjajahan kolonial Belanda di Indonesia, khususnya di Kabupaten Lebong. Goa ini terletak di dalam bukit atau di dinding bukit berbatu yang merupakan salah satu pintu masuk ke dalam lokasi penambangan dengan ukuran lebar kurang lebih 2 meter dengan ketinggian kurang lebih 4 meter dari dasar tanah.

Goa di dalam lobang ini sangat jelas terlihat serta menggambarkan bahwa begitu besarnya aktifitas penambangan emas dan perak yang dilakukan pada waktu itu. Dari catatan sejarah masa lalu, sebelum hengkang dari bumi nusantara, perusahaan tambang Belanda mengeruk emas dan perak ratusan ton dari tanah Lebong. Kekayaan milik bumi pertiwi ini diangkut dan dijual ke luar negeri oleh penjajah, di satu sisi masyarakat lokal tetap hidup miskin dan hanya menjadi buruh dan budak kaum imperialis dan kapitalis.

Di masa kejayaan tambang emas, setiap penambang yang keluar dari Goa Kacamata diberi ganti pakaian baru karena konon emasnya menempel dipakaian yang dipakai. Pasca di tinggal pemerintahan kolonial Belanda, penambangan emas dilanjutkan oleh masyarakat setempat dengan cara tradisional.

Source https://ksmtour.com/ https://ksmtour.com/informasi/tempat-wisata/bengkulu/lobang-kacamata-wisata-sejarah-penambangan-emas-di-bengkulu.html
Comments
Loading...