Goa Jepang Pundong Yogyakarta

0 64

Goa Jepang Pundong

Gua Jepang Pundong merupakan salah satu peninggalan Jepang di Yogyakarta pada masa Perang Dunia II. Gua ini dibangun diatas tebing di daerah Pundong pada tahun 1942-1945 dan berfungsi sebagai tempat pertahanan dan tempat pengintaian musuh yang datang dari Pantai Selatan. Ini kenapa dari gua ini bisa terlihat jelas garis pantai Pantai Selatan.

Gua Jepang Pundong secara keseluruhan memiliki 18 bunker yang saling berhubungan namun memiliki fungsi yang berbeda. Ada yang difungsikan sebagai ruang pertemuan, menara pengintai, bahkan dapur. Ada juga bunker yang berada di ketinggian sekitar 400-500 meter yang dari sini wisatawan bisa melihat pemandangan Pantai Selatan.

Lokasinya yang berada di atas tebing menawarkan pemandangan yang sangat indah bagi para wisatawan. Dari sini wisatawan bisa menikmati pemandangan eksotis perpaduan perbukitan-perbukitan hijau yang membentang di sepanjang pantai selatan dan indahnya laut selatan.

Lokasi Goa Jepang Pundong berjarak kurang lebih 25 km dari Kota Yogyakarta. Dari pusat kota ambil arah Jalan Parangtritis terus ke selatan sampai melewati jembatan Sungai Opak. Kira-kira 100 meter sesudah jembatan ada papan petunjuk Goa Jepang, lalu ambil kiri. Ikuti jalan melintasi jalan Kretek Siluk kurang lebih 1 km sampai bertemu pertigaan. Dari pertigaan ambil kanan, setelah itu bisa gunakan GPS untuk menemukan lokasi atau bertanya ke penduduk sekitar mengenai lokasi Goa Jepang.

Source https://visitingjogja.com https://visitingjogja.com/12497/goa-jepang-pundong/
Comments
Loading...