Goa Harimau, Komplek Makam Purba Terlangka di Asia Tenggara

0 29

Goa Harimau, Komplek Makam Purba Terlangka di Asia Tenggara

Di situs Goa Harimau, yang terletak di lereng Bukit Karang Sialang, Desa Padangbindu Kecamatan Semidangaji, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan, terdapat gambar atau seni cadas (rock art) dan komplek pemakaman purba terbanyak dan terlangka di Asia Tenggara. Jumlah kerangka manusia yang berumur sekitar 3.500 sampai 2.000 tahun ditemukan dalam satu goa sangat banyak. Kerangka hewan seperti anjing dan babi juga ditemukan dalam dua ini.

Seluruh rangka manusia dari Gua Harimau yang umumnya dikubur dengan orientasi timur (kepala) dan barat (kaki), merupakan ras Mongoloid. Salah satu kerangka yang masih utuh memiliki panjang (tinggi badan) sekitar 2 meter.

Ciri-ciri morfologis yang mengarah pada Ras Mongoloid adalah dari bentuk Tengkorak yang meninggi dan membundar (brachycephal), tulang tengkorak bagian belakang (occiptal) yang datar, morfologi gigi seri, bentuk orbit mata, kedalaman tulang hidung (nasal), serta dari postur tulang dan tubuh mereka yang khas Mongoloid.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/ditpcbm/ https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/ditpcbm/goa-harimau-adalah-komplek-makam-purba-terlangka-di-asia-tenggara/
Comments
Loading...