Goa Gong Pacitan

0 472

Lokasi Goa Gong

Goa Gong terletak di Desa Bomo, Kec. Purung Donorejo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur.

Goa Gong Pacitan

Goa Gong Pacitan memiliki kedalaman goa sepanjang 256 meter dan memiliki stalakmit dan stalaktit berumur ratusan tahun. Goa ini muncul sebagai akibat dari aktivitas vulkanik dan gerakan termik yang diperkirakan berlangsung ratusan hingga ribuan tahun silam.

Berdasarkan kisah masyarakat lokal, goa ini dinamai sebagai Goa Gong adalah karena masyarakat kerap mendengar adanya suara gema tabuhan seperti suara gong yang berasal dari dalam goa. Gong adalah salah satu alat tabuh dalam kesenian gamelan Jawa. Suara seperti gong dari dalam goa ini adalah hasil dari pantulan tetesan air alam goa yang menimpa batuan stalaktit atau stalagmit goa tersebut. Bunyi yang dihasilkannya terdengar harmonis dan indah, bahkan jika Anda berada di pintu masuk goa tersebut

Keindahan Goa Gong Pacitan

Keindahan Goa Gong terlihat dari beragamnya batu-batu stalagtit dan stalagnit yang terdapat dalam goa tersebut. Keindahan goa yang berpadu dengan penataan baik dari pihak pengelola membuat suasana dalam goa ini semakin indah saja. Dengan bantuan cahaya lampu yang ada dan berwarna warni, semakin menambah keindahan dari goa yang menawan ini.

Pengunjung juga tidak usah khawatir dengan jalur akses masuk ke dalam goa, sebab sudah terdapat anak tangga dan pagar pembatas yang akan membuat wisatawan yang berkunjung ke dalam goa ini merasa nyaman dan aman. Bersiaplah juga untuk terkagum-kagum dengan keindahgan pagar kristal yang berhias di dalam goa tersebut.

Menuju ke bagian bawah goa, anda akan menemukan sebuah kolam atau sendang yang sangat mengagumkan. Biasanya para wisatawan yang berkunjung akan datang ke sendang tersebut untuk sekedar merasakan kesegaran dari mata air dalam Goa Gong yang sangat indah ini. jumlah sendang dalam Goa Gong ini sebenarnya mencapai 5 sendang yang kesemuanya dipercaya memiliki nilai magis untuk menyembuhkan berbagai penyakit yang dimiliki oleh seseorang. Sajian utama dari goa ini sebenarnya adalah sebuah batu besar yang apabila dipukul akan mengeluarkan bunyi seperti alat musik gong. Batu tersebut pulalah yang menjadi muasal penamaan dari goa yang teramat menakjubkan ini.

Dari beberapa ruangan yang terdapat di dalam Go Gong, salahsatu ruangan yang terbesar yang berada di dalam goa ini pernah dijadikan sebagai venue dari pertunjukan musik 4 negara. Pertunjukan musik tersebut dilakukan sebagai bentuk promosi atas keindahan Goa Gong ke kancah internasional.

Source Goa Gong Pacitan Pacitan
Comments
Loading...