GKJTU Salatiga

0 241

GKJTU Salatiga

Dilihat dari luar, bangunan gereja GKJTU Salatiga tampak terawat dan masih asli khas bangunan kolonial. Gereja yang terletak di Jalan Sukowati 74 Salatiga dibangun pata tahun 1918. Bangunan gereja berbentuk simetris dengan penampil berbentuk menara dibagian tengah. Bangunan gerja ini tampak megah karena berdiri menjulang dan ramping.

Dinding bangunan yang menjulang tinggi dan jendela berbentuk busur meruncing menunjukkan ciri-ciri gaya gothic yang kuat. Bangunan ini adalah salah dari dua bangunan gereja di Salatiga yang bergaya gothic. Hal ini menjadikan bangunan ini spesial.

Kota Salatiga adalah sebuah kota yang direncanakan secara matang. Sebuah kota yang terencana pasti mempunyai fasilitas bagi penduduknya. Salah satu fasilitas kota adalah tempat untuk beribadat. Bangunan Gereja GKJTU Salatiga merupakan bukti Salatiga direncanakan secara matang sebagai sebuah kota. Bangunan GKJTU Salatiga juga merupakan salah satu bukti fisik penyebaran agama Kristen di masa kolonial di Salatiga.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbjateng/ https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbjateng/gkjtu-salatiga-gereja-bergaya-gothic/
Comments
Loading...