GKI Kwitang Jakarta

0 639

Lokasi GKI Kwitang Jakarta

Gereja ini terletak di Jalan Kwitang No. 28 Kelurahan Kwitang, Kecamatan Senen, Kota Jakarta Pusat, Provinsi DKI Jakarta.

GKI Kwitang Jakarta

Bangunan Gereja Kristen Indonesia (GKI) Kwitang merupakan bangunan peribadatan peninggalan zaman kolonial Belanda di Jakarta. Gereja berasal dari bahasa Portugis ‘igreja’ yang berasal dari kata dalam bahasa Yunani ‘eklesia’. Kata ‘eklesia’ memiliki arti jemaat yang dipanggil keluar dari dunia untuk menjadi milik Tuhan.

Dalam bukunya, History of Architecture (1995), Spiro Kostof menjelaskan bahwa definisi gereja adalah bangunan keagamaan umat Kristiani yang digunakan untuk beribadah para jemaatnya. Gereja di Indonesia, khususnya di Jakarta jumlahnya cukup banyak dengan sejarah dan gaya arsitektur yang beragam. Adapun salah satu bangunan gereja lawas di Jakarta adalah GKI Kwitang.

Bangunan GKI Kwitang ini semula dikenal dengan Gereformeerde KwitangkerkGereformeerde adalah nama yang biasanya dipakai untuk bagian gereja Protestan yang berpokok pada pembaruan (reformasi), meskipun “reformasi” berarti “pembaruan (bentuk)” dan Reformasi Gereja pertama dilangsungkan oleh Martin Luther King, tetapi nama Gereformeerde hanya dipergunakan bagi gereja Calvinis saja (Heuken, 2003).Riwayat umat Gereformeerde yang berpusat di Kwitang sejak tahun 1870-an, penuh dengan kejadian yang tak terduga. Gereja ini menarik orang Protestan yang kurang puas dengan liberalisme (vrijizinnigheid) dan kemandegan Indische Kerk pada abad ke-19. Pada tahun 1873, Christelijke Gereformeerde Kerk di negeri Belanda mengutus Zendeling E. Haah untuk memberitakan Injil di kalangan orang-orang Belanda di Batavia. Kemudian terbentuklah Christelijke Gereformeerde Kerk van Batavia.

GKI Kwitang yang berdenah membentuk huruf L ini memilki luas bangunan 656 m²yang berdiri areal lahan seluas 1.913 m². Bangunan GKI Kwitang ini juga merupakan bangunan cagar budaya yang penetapannnya berdasarkan peraturan yang dikeluarkan oleh Departemen Kebudayaan dan Pariwisata pada tahun 2005 dengan nomor PM.13/PW.007/MKP/05.

Source GKI Kwitang Jakarta Jakarta
Comments
Loading...