Gereja Tua Sikka

0 165

Gereja Tua Sikka

Gereja Tua Sikka terletak di Sikka Natar dan dibangun pada zaman Portugis pada tahun 1899 oleh Pastor Y. Engbers seorang Missionaris dari Tarekat Jesuit. Gereja Tua Sikka menjadi ikon kembanggan Umat Katolik Sikka san Flores pada umumnya karena gereja yang dibangun sejak lebih 1 abad yang lalu itu masih berdiri tegak dan terawat sampai saat ini.

Pembangunan Gereja Tua Sikka tersebut dapat terwujud karena bantuan dan dukungan dari Raja Sikka yang berkuasa saat itu, Yoseph Mbako Ximenes da Silva. Raja Yoseph memiliki perhatian yang begitu besar terhadapa kehidupan beragama Umat Katolik saat itu.

Arsitektur banguan Gereja Tua Sikka memiliki beberapa keistimewaan yang khas dan menarik antara lain bentuk dan corak bangunannya yang mencerminkan tradisi bangunan dari abad XVIII – XIX; dinding gereja dihiasi dengan lukisan-likisan bermotifkan tenun ikat Sikka yang banyak diproduksi oleh perempuan Sikka sejak zaman dulu hingga masa kini.

Keistimewaan lain dari Gereja Tua Sikka adalah adanya prasasti di dalamnya yang bertuliskan nama seorang Pastor Belanda generasi awal di kota Sikka, Le Cocq D’Armandville Sj. Pada prasasti tersebut tertulis pula hari pentabisan Gereja Tua Sikka yaitu 24 Desember 1899.

Memasuki tahun 1999 yang lalu, ada hajatan besar di kampung Sikka. Hajatan untuk merayakan berdirinya 1 abad gereja paroki Sikka. Perayaan diadakan dengan tarian – tarian, acara – acara adat, dan puncaknya adalah perayaan ekaristi kudus atau misa syukur yang dipimpin oleh Uskup Agung Ende. Sebuah penghargaan yang patut untuk diberikan kepada bangunan yang berusia 110 tahun ini.

Source http://tentangflobamorata.blogspot.com http://tentangflobamorata.blogspot.com/2012/11/tempat-wisata-rohani-kab-sikka.html
Comments
Loading...