Gereja Tua Menggelama

0 166

Gereja Tua Menggelama

Nama Gereja Menggelama diambil dari nama sebuah dusun yang berjarak sekitar 1 kilometer dari Pelabuhan Laut Baa, Ibukota Kabupaten Rote Ndao. Adanya Gereja Menggelama menurut Soh & Maria (2008;55), adalah karena andil seorang warna Belanda bernama Jackstein yang memindahkan sekolah dan rumah penduduk ke dusun menggelama. Selanjutnya, Jackstein digantikan oleh seorang pendeta pengganti P.Y. Penning yang berkedudukan di Ba’a; karena sakit Penning kembali ke Belanda dan digantikan oleh Van Malsen. Van Malsenlah yang kemudian membangun Gereja.

Gereja Menggelama didirikan selama 13 tahun yaitu pada kurun waktu 1880 sampai dengan tahun 1893. Namun, peletakkan batu pertama sebagai dasar untuk mendirikan sebuah gedung gereja yang pertama dibuat dari batu (tembok) (bisa dikatakan bahwa sudah ada gereja di Rote namun belum terbuat dari batu (tembok) namun kemungkinan besar gereja yang ada masih dalam bentuk seperti rumah penduduk lokal yang umumnya terbuat dari kayu ) justru barulah dilakukan pada tahun 1882 sehingga dapat dikatakan bahwa gereja menggelama yang merupakan gereja pertama bertembok sebenarnya dibangun dalam kurun waktu 11 tahun dan diresmikan pada tanggal 31 Oktober 1893. Gereja Menggelama dipugar untuk pertama kalinya pada tahun 1896 atau 3 tahun setelah gereja ini dibangun.

Saat ini Gereja Menggelama telah menjadi cagar budaya yang mendapat perhatian dari Pemerintah dan Gereja Masehi Injili di Timor (GMIT)

Source https://www.rotendaokab.go.id https://www.rotendaokab.go.id/cerita-tempat-wisata-bersejarah-di-rote-ndao/
Comments
Loading...