Gereja Sejiram Kalimantan Barat

0 54

Lokasi Gereja Sejiram

Gereja Sejiram terletak di Desa Sejiram, Kecamatan Seberuang, Kabupaten Kapuas Hulu, Provinsi Kalimantan Barat. 

Gereja Sejiram

Gereja  Sejiram  dibangun pada zaman pemerintah kolonial Belanda. Dengan izin dari pemerintah, diutuslah Pastor Looymans untuk menyebarkan agama Katolik bagi orang Dayak di pedalaman Kalimantan.

Menurut catatan Sejarah Keuskupan Sintang, tanggal 29 Juli 1890, Pastor Looymans tiba di Semitau. Kota kecil yang terletak di tepi Sungai Kapuas ini dikuasai Belanda dan menjadi pusat perdagangan bagi daerah-daerah terpencil di sekitarnya.

Setahun lebih,  ia mempelajari  bahasa dan adat istiadat orang Dayak yang datang menjual hasil bumi ke Semitau. Untuk lebih mendekatkan diri dengan orang Dayak yang belum menganut agama tertentu, pastor pun pindah  ke pedalaman di Sejiram. Kedatangan Pastor Looymans disambut hangat oleh para pemimpin adat.

Tahun 1892, dengan dibantu beberapa orang Dayak, pastor mendirikan pondok di pinggir Sungai Seberuang, tak jauh dari perkampungan orang Dayak. Di tempat itulah kemudian dibangun gereja, sekolah, dan asrama untuk anak-anak sekolah. Untuk mengurusi umat dan anak-anak sekolah, Pastor Looymans  dibantu Pastor Mulder.

Sayang sekali, pada tahun 1898 kedua pastor itu ditarik dari Sejiram dan ditugaskan ke daerah lain. Anak-anak sekolah yang sudah menganut agama Katolik pun terpaksa meninggalkan asrama, seperti anak ayam kehilangan induknya.

Gereja Sejiram kini sudah berusia seabad lebih dan sudah beberapa kali direnovasi. Namun, renovasi tidak pernah mengubah bentuk semula. Atapnya masih dari bilah kayu atau sirap, di atas menara ada patung ayam jantan bertengger di atas salib.

Sejak September 2004, pemerintah telah menetapkan Gereja Katolik Santo Sejiram sebagai bangunan bersejarah yang dilindungi. Meski usianya sudah ratusan tahun, gereja tua Sejiram masih tetap kokoh berdiri.

Source http://bobo.grid.id/ http://bobo.grid.id/Sejarah-Dan-Budaya/Sejarah/Gereja-Tua-Sejiram-Berdiri-Sejak-1892
Comments
Loading...