Gereja Marturia Bandar Lampung

0 160

Lokasi Gereja Marturia

Gereja ini berlokasi di daerah Bambu Kuning, tepatnya Jl. Imam Bonjol No. 1, Kelurahan Sukajawa, Kecamatan Tanjung Karang Barat, Kota Bandar Lampung.

Gereja Marturia

Gereja Marturia ini berada di lingkungan yang ramai, karena letaknya berada di lingkungan Pasar Gintung dan Bambu Kuning. Di tengah keramaian tersebut, gereja ini masih memperlihatkan kemampuannya untuk tetap tampil menyesuaikan diri dengan lingkungan. Hal itu didukung terutama oleh posisinya yang berada pada lahan di sudutan jalan dengan halaman yang cukup lapang, sehingga bangunan tetap dapat terlihat terpisah dari keramaian.

Bangunan gereja GPIB memiliki arah hadap timur laut. Façade bangunannya berupa pintu besar dengan dua yang di kanan-kirinya terdapat jendela kaca. Di sisi kiri bangunan terdapat menara dengan atap tajuk khas gereja. Gereja Marturia ini tidak cukup besar, dengan denahnya empat persegi panjang orientasi timur laut-barat daya. Bagian dalamnya hanya berupa aula untuk para jemaat. Mimbarnya berada di barat laut.

Di belakang mimbar ini terdapat kaca patri berbentuk bulat bertuliskan nama arsitek bangunan gereja ini, yaitu Robert Deppe. Atapnya berkontruksi pelana yang ditutup genteng. Gereja ini dibangun pada zaman kolonial Belanda dan pada masa sekarang ini telah di renovasi tanpa mengubah bentuk aslinya.

Source Gereja Marturia Bandar Lampung lampung
Comments
Loading...