Gereja Kyai Sadrach Purworejo

0 99

Lokasi Gereja Kyai Sadrach

Gereja Kyai Sadrach terletak di Dusun Karangjasa, Desa Langenrejo, Kecamatan Butuh, Kabupaten Purwrejo, Jawa Tengah.

Gereja Kyai Sadrach

Gereja Kyai Sadrach menempati tanah seluas 1 Ha. Lingkungan yang mengelilingi kompleks adalah pemukian penduduk dan sawah. Gereja Kyai Sadrach didirikan pada tahun 1870 oleh Kyai Sadrach. Kyai tersebut lahir di daerah Pati pada tahun 1841 dengan nama Radin. Semula ia adalah seorang muslim yang kemudian menjadi penganut Kristen. Cara Sadrach menyebarkan Injil dengan mengadakan perkunjungan langsung kepada penduduk secara bergantian. Kebaktian bersama dilakukan pada tahun 1871 di Karangjoso,  disitulah Sadrach mendirikan sebuah Gereja. Sadrach dalam menyampaikan perkabaran Injil secara khas Jawa dengan bentuk metodenya sendiri.

Ciri-ciri bangunan tersebut adalah jendela bagian atas berrupa krepyak dan bagian bawah panil dengan bentuk daun jendela kupu-kupu. Motif hias yang terdapat pada gereja tersebut adalah motif geometris, langit-langit ruangan aslinya terbuat dari bamboo tetapi sekarang sudah diganti menggunakan tripleks. Atapnya berbentuk tajug tingkat tiga dan limasan serta kampong. Pada puncak atap bangunan terdapat hiasan berbentuk cakra dan pasopati (anak panah) yang terbuat dari logam.

Terdapat juga rumah induk dan pendopo peninggalan Kyai Sadrach. Bangunan rumah berarsitektur rumah limasan dan memiliki pendopo di bagian depannya. Pada bagian dalamnya masih terdapat benda-benda peninggalan Kyai Sadrach yang berupa tempat tidur, almari, meja dan benda pusaka, buku/naskah kuno, dan benda lainnya. Bentuk bangunan Gereja ini sangat terlihat seperti bangunan Jawa tidak seperti gereja-gereja pada umumnya.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbjateng/ https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbjateng/uniknya-gereja-kyai-sadrach-purworejo/
Comments
Loading...