Gereja Kristen Margomulyo Jogja

0 413

Lokasi Gereja Kristen Margomulyo

Keberadaan Gereja Kristen Margomulyo atau GPIB Jemaat Margomulyo yang terletak di Jl. A. Yani No. 5 atau diutara Gedung Agung Yogyakarta.

Gereja Kristen Margomulyo

Gereja Kristen Margomulyo ini menjadi salah satu benda cagar budaya. Gereja yang merupakan warisan dari Indischekerk dibangun atas perintah Gubernur Jenderal Belandasekitar pertengahan abad XVIII. Dan yang mendapat tugas sebagai pemimpin pembangunan gereja adalah opster G.R. Lavalette dari Semarang.

Sejarah Gereja Kristen Margomulyo

Awal mula pembanguan gedung ini diawali dengan pengumpulan materi, serta pembuatan gambar rencana serta hitungan anggaran yang dimulai pada tanggal 15 Oktober 1853 oleh Ir. P.A. Van Halm dan dari pihak keraton pun yang waktu itu dipimpin oleh Sultan Hamengku Buwono VII juga membantu secara financial. Setelah pembangunan selesai Gereja ini diresmikan penggunaannya pada tanggal 15 Oktober 1857. Hingga saat ini bangunan ini telah mengalami dua kali renovasi yakni pada tahun 1882 dan tahun 1987. Tahun 1882 renovasi berupa penggantian atap yang dahulunya menggunakan genting diganti menjadi seng.

Untuk saat ini bangunan ini dikelola oleh Majelis Jemaat Gereja Protestan Indonesia Barat (GPIB) Margomulyo. Sehari hari halaman Bangunan Gereja ini penuh sesak dengan parkiran kendaraan roda dua dibagian depan dan disisi belakang serta sebelah selatan berderert parkiran Mobil. Sesampainya di pintu gereja kita akan menjumpai papan yangmenuliskan kepemimpinan gereja ini, yang awal mula kepemimpinan gereja ini dipegang oleh keturunan Belanda hingga urutan ke 12 yakni sekitar tahun 1952. Selanjutnya sudah merupakan orang Indonesia dengan jabatan Pendeta.

Begitu memasuki ruangan beberapa tulisan terpampang di depan dengan bahasa Belanda, keunikan tempat ini berupa furniture yang dipergunakan berupa kayu jati yang sudah dipakai sejak tahun 1923. Bentuk furniture tersebut antara lain Kursi Jemaat, kursi majelis, serta mimbar yang masih terjaga dan terawat keasriannya.

Source Gereja Kristen Margomulyo Jogja Jogja
Comments
Loading...