Gereja Kristen Jawa Wates

0 585

Lokasi Gereja Kristen Jawa Wates

Jl Bhayangkara 3 RT 013/66, Watesyogya, Kulon Progo, Yogyakarta, Indonesia.

Gereja Kristen Jawa Wates

Gereja Kristen Jawa (GKJ) Wates dikategorikan sebagai bangunan cagar budaya karena merupakan peninggalan masa kolonial Belanda. Bangunan yang berdiri sejak 1927 ini juga masih dijaga keaslian arsitekturnya hingga kini.

Bangunan ini diberikan penghargaan anugerah budaya pelestarian cagar budaya oleh pemerintah DIY. Penghargaan tersebut diberikan pada 15 Desember 2015 lalu. Status bangunan cagar budaya sendiri didapatkan setelah sebelumnya ada pemeriksaan dan peninjauan oleh Dinas Kebudayaan mengenai bentuk bangunan ini. Prihantoro menerangkan sebenarnya GKJ Wates bukanlah gereja dengan arsitektur tertua di Kulonprogo. Masih ada gereja lain yang lebih tua seperti GKJ Temon.

Pembangunan Gedung Gereja Kristen Jawa Wates

Jemaat Kristen tidak memiliki gedung untuk beribadah. Akhirnya dibangunlah sebuah gedung yang kini menjadi gedung GKJ Wates. Proses pembangunan bersamaan dengan pembangunan gedung gereja Kristen di Patalan, Bantul dan Wonosari, Gunung Kidul. Sebelum gedung GKJ Wates dibangun, Zending sudah terlebih dahulu membangun perumahan guru HJS di timur Alun-alun Wates dan di depan gedung GKJ Wates.

GKJ Wates tempo dulu

Untuk membangun gedung gereja, Ds. Pos, fotonya di bawah bersama istri, sang pendeta konsulen di GKJ Wates memohon bantuan kepada jemaat Kristen Belanda langsung di Belanda. Bantuan yang kemudian didapat Ds. Pos sebanyak F 3.000,- (tiga ribu Gulden Belanda) dan sebanyak F 5.000,- (lima ribu Gulden Belanda) yang disepakati sebagi pinjaman. Gedung pastori dibangun dengan dana F 11.500,- (sebelas ribu lima ratus Gulden Belanda) yang juga berupa pinjaman.

Gedung GKJ Wates akhirnya diresmikan 7 November 1930 atau tahun 1861 pada penanggalan Jawa dengan candra sangkala “Tunggal Rasa Ngesthi Semedi”. Sedangkan gedung Gereja Patalan diresmikan 22 Oktober 1929. Gedung Gereja Wonosari pada 9 September 1932.

Source Gereja Kristen Jawa Wates Jogja
Comments
Loading...