Gereja Kristen Haleluya Jakarta

0 245

Lokasi Gereja Kristen Haleluya

Gereja Kristen Haleluya terletak di Jalan Raya Taman Mini Haleluya, RW.2, Ceger, Makasar, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13560.

Gereja Kristen Haleluya

Gereja Kristen Protestan Haleluya terletak di antara bangunan Gereja Katholik Santa Chatarina dan Pura Hindu Dharma serta berhadapan dengan anjungan DKI.Gereja ini dibangun tahun 1973 dan diresmikan tahun 1975. Bangunan utama meliputi ruang pastori, ruang ganti, ruang sound, dan ruang paling besar untuk jemaat. Disamping kanan depan, menyatu dengan bangunan gereja, terdapat menara setinggi 20m2 yang pada puncaknya berornamen ayam jago, melambangkan kisah dari nats kitab injil, bahwa sebelum Yesus di salibkan akan terjadi penyangkalan Petrus, salah seorang murid Yesus, sebelum ayam berkokok ( menjelang fajar ) sebanyak tiga kali. Dimenara ini terdapat lonceng.

Bangunan samping, yang pada awalnya dimaksudkan untuk rumah jaga, difungsikan sebagai ruang perpustakaan, aula, kantor, dapur, toilet, dan gerai cenderamata benda – benda rohani ( kolportase ). Selain untuk kegiatan bina iman anak-anak Sekolah Minggu dan anak – anak tingkat remaja, aula dan ruang perpustakaan juga digunakan sebagai ruang rapat.

Arsitektur Gereja ini merupakan campuran gaya Barat tahun 1930-an. Dinding bagian luar terbuat dari keramik berwarna putih. Di atas altar menghadap ke umat terdapat lukisan perjamuan kudus. Jendela terbuat dari kaca berlukiskan bunga tulip dan salib.Atap langit-langit terbuat dari kayu agar ruangan berkesan sejuk.

Sebagaimana halnya gereja di luar TMII, selain untuk kebaktian, Gereja Haleluya juga digunakan untuk pemberkatan pernikahan. Kegiatan lain yang bersifat keagamaan pun dilaksanakan disini, antara lain perayaan Paskah, Natal, dan kegiatan retret. Hari Minggu digunakan untuk ibadat jemaat GPIB, sedang hari sabtu oleh Jemaat Advent.

Source https://id.wikipedia.org/wiki/ https://id.wikipedia.org/wiki/Gereja_Kristen_Haleluya
Comments
Loading...