Gereja Katolik Santa Perawan Maria Purworejo

0 158

Lokasi Gereja Katolik Santa Perawan Maria Purworejo

Gereja ini terletak di Jalan K.H. Wahid hasyim No. 1 Kelurahan Pangenrejo, Kecamatan Purworejo, Kabupaten Purworejo, Provinsi Jawa Tengah.

Gereja Katolik Santa Perawan Maria Purworejo

Gereja Katolik Santa Perawan Maria ini didirikan pada tahun 1927 oleh Romo B.J.J. Visser MSC. Awalnya, gereja ini hanyalah sebuah rumah berarsitektur Jawa yang dibangun pada tahun 1888. Rumah tersebut semula digunakan oleh Dinas Pekerjaan Umum (DPU) atau BOW sebagai kantor, kemudian dibeli oleh Romo-romo Serikat Yesus. Dari bekas ruang gambar sebuah rumah tersebut, lalu dibentuk sedemikian rupa. Di dalam Gereja Katolik Santa Perawan Maria terdapat altar dilengkapi beberapa bangku dengan berbagai altar dilengkapi beberapa bangku dengan berbagai macam ukuran, deretan kursi, dan Jalan Salib sehingga merupakan sebuah gereja. Akhirnya, pada Selasa Kliwon, 25 Oktober 1927 diadakan misa pertama yang dilakukan oleh Romo-romo dari Tarekat Hati Kudus (MSC) di ruangan tersebut.

Misa pertama itu dilaksanakan sebanyak 2 kali pagi hari di gereja, dan 2 kali di rumah. Dalam misa tersebut dibagikan 20 komuni. Itulah saat kelahiran Paroki Purworejo, karena pada saat itu, secara resmi Purworejo telah diserahkan oleh Missionaris Serikat Yesus kepada Missionaris Tarekat Hati Kudus. Penyerahan itu merupakan tindak lanjut dari Surat Keputusan dari Konggregasi Suci “Propaganda Fide” di Roma tertanggal 3 Desember 1926, yang isinya menetapkan para pastor dari Tarekat Hati Kudus (Missionarii Ss. Cordis/MSC) diserahi tugas missioner di wilayah Purworejo – Kedu Selatan (bekas Karesidenan Bagelen), daerah Karesidenan Banyumas, dan Pekalongan.

Source Gereja Katolik Santa Perawan Maria Purworejo Jawa Tengah
Comments
Loading...