Gereja Katolik Payakumbuh

0 44

Gereja Katolik

Gereja Khatolik ini didirikan atas inisiatif Pastor P. J. Van Hoof pada tanggal 25 Januari 1933. (sesuai dengan inkripsi di bagian kanan dinding pintu masuk gereja (sisi selatan). Inskripsi bertuliskan: ME POSUIT PAROCHUS PJ. Van Hoof 25 Jan 1933. Selain mendirikan gereja Postor P.J. Van Hoof juga mendirikan sebuah rumah tinggal/paviliun buat pastor (samping kiri gereja/sisi utara) yang terletak satu kompleks dengan gereja. Paviliun ini didirikan pada tanggal 28 desember 1931 (sesuai dengan ini inskripsi pada bangunan yang bertuliskan: ME POSUIT PAROCHUS PJ VAN HOOF 28 DEC 1931. Keseluruhan bangunan yang berada dalam kompleks ini sekarang (SD, TK, Gereja, dan asrama suster) dikelola oleh Yayasan Prayoga.

Orientasi (arah hadap) bangunan adalah barat. Gereja Katholik Payakumbuh merupakan suatu kompleks bangunan yang terdiri dari, gereja, asrama suster, SD, dan TK Pius milik Yayasan Prayoga. Bangunan gereja memanjang ke belakang berbentuk empat persegi panjang dengan luas 12 m x 25 m. Bangunan berada persis di depan jalan Pemuda. Bangunan pada umumnya terbuat dari bata berspesi dan atap dari seng. Bangunan terkesan kokoh dengan atap yang tinggi berbentuk prisma.

Pada sisi depan (atas atap) terdapat lubang angin/ventilasi. Pada bagian depan bangunan (samping kiri) terdapat tower berdenah bujur sangkar dan menjulang ke atas membentuk empat lantai. Pada lantai satu dan empat terdapat jendela dengan bentuk empat persegi panjang. Pada puncak tower atap berbentuk limas, dan pada ujungnya terdapat ornamen berbentuk salib. Pada samping kiri dan kanan bangunan utama, terdapat jendela berukuran besar dengan bentuk empat persegi panjang.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbsumbar/wp-content/uploads/sites/28/2018/08/Cagar-Budaya-Kota-Payakumbuh.pdf
Comments
Loading...