situsbudaya.id

Gereja Katolik Muntok

0 13

Lokasi Gereja Katolik Muntok

Gereja Katolik Muntok terletak di Muntok, Bangka Belitung.

Gereja Katolik Muntok

Gereja Katolik Muntok dibangun pada tanggal 14 Februari 1932. Arsiteknya berkebangsaan Inggris bernama Fermont-Cuypers. Bangunan gereja berbentuk persegi panjang dengan atap limasan dari bahan genteng yang dilengkapi hiasan tanda salib pada bagian kemuncaknya. Pintu masuk berada di sebelah timur dengan ciri-ciri terbuat dari kayu, berdaun ganda, berbentuk lengkung sempurna, dan dinaungi kanopi yang juga berbentuk lengkung sempurna. Di bagian samping pintu masuk terdapat inskripsi ”ARCH.EN.INGRS.BUR:FERMONT-CUYPERS” dan ” 14-2-1932”.

Dinding atas dilengkapi lubang-lubang kecil yang berfungsi sebagai ventilasi. Sementara dinding bawah diberi ornamen berbentuk batu-batu. Ventilasi yang lebih besar terdapat pada dinding kanan atas berjumlah 3 pasang dengan susunan marmer hitam bercorak geometris pada bagian tengahnya. Lantainya terbuat dari tegel merah berukuran 20 x 20 cm.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbjambi/ https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbjambi/2017/12/13/gereja-katolik-muntok/
Comments
Loading...