Gereja Katolik Kristus Raja Baciro

0 240

Gereja Katolik Kristus Raja Baciro

Gereja Katolik Kristus Raja Baciro, merupakan salah satu Gereja Besar di Kota Yogyakarta. Gereja ini terletak di Jl Melati Wetan Baciro Yogyakarta. Tidak sulit mencari Gereja ini. Gereja ini berada dekat Kantor walikota Yogyakarta. Untuk mencapai Gereja ini dari simpang empat Kantor Walikota Yogyakarta, ke utara sampai trafic light simpang empat STPMD belok kiri, setelah melewati Sekolah Johanes Bosco, Gereja Kristus Raja Baciro akan ditemui di sebelah kanan (utara) jalan.

Gereja Kristus Raja Baciro merupakan Gereja Tua di Kota Yogyakarta. Gereja ini telah melahirkan beberapa Paroki yaitu Paroki Pring Wulung, Paroki Babarsari dan Gereja Pangkalan TNI AU Adisucipto. Walaupun sudah melahirkan beberapa paroki Gereja Kristus Raja Baciro tetap menjadi Gereja Besar, dengan umat yang melimpah pada setiap misanya. Penampilan umat yang bersahaja dan senyuman khas Jogjakarta akan banyak ditemui jika kita mengikuti misa di gereja ini.

Bangunan gereja yang sekarang ini merupakan bangunan hasil relokasi gereja lama. Gereja Kristus Raja Baciro yang lama rusak berat ketika terjadi gempa dahsyat di Yogyakarta th 2006 silam. Gempa tersebut meruntuhkan bangunan di bagian altar, dan menyebabkan kontruksi bangunan gereja tidak aman untuk dipergunakan. Kemudian dibangunlah gereja sementara di atas Gereja lama. Karena umat tidak tertampung maka dibangunlah gereja baru yang berlokasi di belakang gereja sementara.

Gereja Kristus Raja Baciro dibangun dengan menyerap budaya jogjakarta. Bentuk bangunan kubah yang berbentuk Joglo, bangunan rumah adat Yogyakarta. Gereja yang sangat indah dengan sentuhan budaya jawa yang khas.

Source https://baitallah.wordpress.com https://baitallah.wordpress.com/2013/09/08/gereja-katolik-st-theresia-kefamenanu-merupakan-gereja-tua-di-kota-kefamenanu-kabupaten-timor-tengah-utara-gereja-ini-dibangun-pada-tahun-1938-jadi-sudah-ada-sebelum-negara-indonesia-berdiri-gereja/
Comments
Loading...