Gereja Katolik Bukit Cangang

0 116

Gereja Katolik

Gereja Katolik berada di jalan Jenderal Sudirman Kelurahan Bukit Cangang Kayu Ramang, Kecamatan Guguak Panjang. Tidak diketahui dengan pasti kapan gereja ini dibangun. Hanya saja dalam riwayat pembangunannya, gereja ini pada mulanya dibuat semi permanen dengan atap dari ijuk. Bangunan ibadah ini pernah terbakar dan dibangun kembali. Pada tahun 1926 ketika Kota Bukittinggi terkena bencana gempa tektonik yang mengakibatkan beberapa bangunan hancur, termasuk Gereja Katholik ini.

Pada tahun 1928, gereja ini dibangun kembali dan diresmikan pada tanggal 4 April 1929. Pada masa pendudukan Jepang gereja ini pernah beralih fungsi sebagai gedung DPRD bentukan Jepang. Bangunan yang ada sekarang ini merupakan hasil pembangunan yang ketiga tersebut, yaitu pada tahun 1928. Sampai sekarang bangunan ini masih berfungsi sebagai gereja Katholik. Pada kompleks gereja ini terdapat tiga blok bangunan. Bangunan gereja berada di tengah-tengah, sedangkan dua bangunan lain berada di sayap kanan dan kiri masing-masing untuk pastoran dan susteran. Secara arsitektural, bangunan ini tidak banyak berubah, tetapi banyak komponen yang telah mengalami penggantian dari aslinya.

Pergantian terutama pada bagian jendela-jendela kaca. Semula kaca-kaca tersebut berglasir dengan gambar warna-warni, kemudian pada tahun 1984 diganti dengan kaca modern (ray ban). Atap gereja menggunakan atap seng dengan menara di kanan depan bangunan sebagai tempat lonceng. Interior gereja dibuat tanpa pembatas dengan bentuk lengkung pada bagian plafonnya yang terbuat dari tembok beton, dengan hiasan motif bunga. Bagian depan bangunan dibuat balkon untuk para jemaat dan bagian belakangnya terdapat kamar-kamar yang berfungsi sebagai persiapan kebaktian. Luas bangunan gereja ini 504 m² dengan ukuran 28 x 18 meter. Secara kepemilikan bangunan ini dibawah Yayasan Keuskupan Padang.

Source http://bukittinggiheritage.blogspot.com http://bukittinggiheritage.blogspot.com/2017/09/8-gereja-katolik.html
Comments
Loading...