Gereja Katedral Kristus Raja Bandar Lampung

0 263

Lokasi Gereja Katedral Kristus Raja

Bangunan Gereja Katedral Kristus Raja berada di sudut antara Jl. Raden Intan dan Jl. Kota Raja. Bangunan ini masuk dalam wilayah administratif Kelurahan Tanjung Karang, Kecamatan Tanjung Karang Pusat, Kota Bandar Lampung, Provinsi Lampung.

Gereja Katedral Kristus Raja

Awalnya, Lampung masuk dalam wilayah formal Keuskupan Agung Palembang bersama Jambi dan Bengkulu. Setelah kemerdekaan, tepatnya 19 juni 1952, Vatikan memisahkan daerah Lampung menjadi prefektur apostolik Tanjung Karang. Bangunan Gereja Katedral Kristus Raja lama adalah bangunan yang berbentuk bangunan sudut, sedangkan bangunan Gereja Katedral Kristus Raja yang digunakan sekarang adalah bangunan baru. Bangunan Gereja Katedral Kristus Raja memiliki arah hadap barat. Sebagai bangunan sudut, gereja ini memiliki jajaran jendela kaca. Pada bagian atas jendela-jendela tersebut terdapat loster. Pintunya berada di sisi selatan, tepatnya di sudut barat daya dengan model pintu dua daun berpanel kaca.

Dahulu, pintu utama Gereja Katedral Kristus Raja berada di sisi barat, namun sekarang telah ditutup. Atap gereja lama memiliki konstruksi atap pelana dengan bagian atap yang di sudutan jalan dibuat dengan bentuk perisai. Pengamatan terhadap bangunan Gereja Katedral Kristus Raja memperlihatkan ciri sebagai tinggalan masa kolonial yang berasal dari dekade kedua abad XX.

Source Gereja Katedral Kristus Raja Bandar Lampung lampung
Comments
Loading...