Gereja Imanuel Kalimantan Tengah

0 97

Lokasi Gereja Imanuel Kalimantan Tengah

Gereja Imanuel terletak di Desa Saka Mangkahai, Kecamatan Kapuas Barat, Kabupaten Kapuas, Provinsi Kalimantan Tengah.

Gereja Imanuel Kalimantan Tengah

Berdasarkan sejarahnya, Gereja Imanuel di Mandomai ini didirikan pada tahun 1876 dengan melewati beberapa tahap perbaikan. Karena pada mulanya bangunan ini besifat semi permanen dan kecil, tetapi Karena perkembangan jumlah penganutnya maka pada akhir abad XIX gereja ini diperluas seperti yang dijumpai sekarang. Gereja Imanuel sekarnag berukuran 24 x 12 m, dengan dua Menara seluas 15 m², menghadap ke timur, dan luas komplek selurunya berukuran 1000 m².

Gereja Imanuel ini merupakan bangunan panggung dengan ketinggian lantai 100 cm dari permukaan tanah. Pondasinya berupa tonggak-tonggak kayu, ada yang berbentuk bulat maupun segi empat. Kedalaman tonggak pondasi ini tidak diketahui, tetapi menurut informasi “sokoguru” yang berjumlah sepuluh tiang dengan diameter masing-masing 24 cm ditanamkan diatas balok kayu kapur naga. Pada balok ini dibuatkan lubang-lubang sebagai pemegang kayu baru kemudian ditanam dan ditimbun tanah. Anak tangga yang sekarang mempergunakan kayu ulin yang ditopang dengan plat besi siku. Bagian depan gereja ini terdapat teras selebar 146 cm yang bersambung sampai Menara di kanan dan kiri.

Teras ini berpagar kayu dengan bentuk botol, dibagian bawah gendut dan bagian atas lurus tinggi dengan sedikit hiasan pelipit. Lantai teras merupakan susunan papan yang diatur sejajar. Lantai teras sama tinggi dengan lantai ruang dalam, kecuali bagian altar yang terletak lebih tinggi 35 cm. Lantai ruang dalam gereja yang terlihat sekarang ini merupakan tambahan yang dilakukan pada tahun 1976, lantai asli terdapat di bawah dari susunan lantai kayu yang baru. Dinding bangunan terbuat dari papan kayu madang baru yang disusun miring dengan ukuran rata-rata 2 x 16 – 2 x 18 cm.

Source Gereja Imanuel Kalimantan Tengah Kalteng
Comments
Loading...