Gereja Gothic Sayidan Jogja

0 584

Lokasi Gereja Gothic Sayidan

Gereja Gothi Sayidan terletak di Kampung Sayidan, Kecamatan Gondomanan, Kota Yogyakarta.

Gereja Gothic Sayidan

Gereja Gothic Sayidan sebenarnya merupakan rumah tempat tinggal milik orang keturunan China yang dibangun sekitar tahun 1987. Bangunan Gereja Gothic Sayidan telah ditetapkan sebagai cagar budaya yang berada di sekitar Yogyakarta meskipun usia bangunan belum lama dibangun. Selain itu sebenarnya bangunan tersebut bukan merupakan bangunan gereja melainkan rumah tempat tinggal yang dahulu digunakan untuk usaha pembuatan batik. Namun kejelasan tersebut masih menjadi misteri karena berbagai macam versi cerita yang ada mengenai Gereja Gothic Sayidan.

Adanya bermacam-macam versi cerita termasuk cerita misterius dan cerita mistis sepertinya dibuat untuk menjaga Gereja Gothic Sayidan agar tetap lestari dan tidak dijamah oleh orang. Pemilik rumah mungkin merasa terganggu kalau rumahnya sering didatangi bahkan dimasuki oleh orang yang tidak dikenal. Pengunjung yang datang untuk sekedar berfoto dari luar diharapkan tetap menjaga sopan santun dimanapun berada. Rasa penasaran tentang bagaimana isi di dalam Gereja Gothic Sayidan hanya dapat dipendam hingga waktunya bangunan tersebut dibuka secara umum.

Bangunan ini berdiri pada jaman Hindia Belanda. Terlihat dari arsitekturnya yang bergaya Eropa kuno. Karena di sana terdapat musim salju, maka sebagian besar bangunan di Eropa dibuat tinggi dan berdinding tebal. Sama halnya dengan Gereja Gothic yang ada di Sayiddan ini.

Bangunan Gereja Gothic

Ada dua pintu yang memungkinkan kita untuk masuk ke dalam bangunan tersebut. Satu pintu terletak di gang kecil di utara bangunan itu. Satu lainnya ada bersebelahan dengan Polsek Gondomanan. Di pintu samping yang ada di gang kecil utara bangunan, terdapat nama atau ukiran “Ullen Sentalu” yang merupakan sebuah akronim “Ulating Blencong Sejatine Tataning Lumaku” yang kurang lebih bahasa Indonesianya Pelita Hidup Bagi Perjalanan Manusia. Memang dulunya sang pemilik gereja adalah Keluarga Haryono, pemilik sebuah museum batik di Kaliurang.

Source Gereja Gothic Sayidan Jogja Jogja
Comments
Loading...