Gereja Bethesda Muntok

0 91

Lokasi Gereja Bethesda

Gereja Bethesda terletak di Muntok, Bangka Belitung.

Gereja Bethesda

Gereja Bethesda didirikan pada tanggal 25 September 1927 dengan arsitek J. Lokollo. Bangunan ini bergaya arsitektur Eropa dengan ciri-ciri dinding bangunan tinggi dan beratap curam. Bentuknya persegi panjang dengan atap genteng. Menghadap ke arah barat. Terbuat dari tembok bata yang dihias dengan disain batu-batu pada dinding bagian bawah.

Untuk masuk ke bangunan ini harus melalui tangga dengan 3 buah undakan. Bagian serambi ditopang oleh 2 buah tiang segi empat yang terbuat dari semen. Pintu masuknya berdaun ganda yang dilengkapi dengan simbol tanda salib. Di sebelah kanan pintu terdapat tulisan ”25-9-1927 – Ontwerp – J. Lokollo”.

Pada bagian samping terdapat 3 buah jendela kaca berdaun ganda dengan ventilasi kayu horizontal di atasnya. Antar jendela diberi sekat-sekat sebagai hiasan dekorasi. Bagian belakang bangunan dibentuk persegi lima yang dilengkapi dengan sebuah pintu dan 3 buah jendela kaca. Tegelnya berwarna hijau berukuran 20 x 20 cm.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbjambi/ https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbjambi/2017/11/22/gereja-bethesda/
Comments
Loading...