situsbudaya.id

Gereja Barimba Kalimantan Tengah

0 19

Lokasi Gereja Barimba

Gereja Barimba terletak di Desa Barimba, Kecamatan Kapuas Hilir, Kabupaten Kapuas, Provinsi Kalimantan Tengah.

Gereja Barimba

Sebagaimana kita ketahui, Barimba merupakan salah daerah binaan dari Bassel Mission. Selain mendirikan gereja, mereka juga mendirikan sekolah misi di Barimba dan RS Hanggulan Sinta yang melayani masyarakat dari kawasan Sungai Kapuas dan Kahayan. Banyak hal-hal baru yang diajarkan oleh petugas kesehatan kepada masyarakat, contohnya sunat dengan cara yang steril. Kegiatan pelayanan kesehatan dilakukan oleh dr. Vischer.
Sejak tahun 1966, pemerintah Republik Indonesia mendirikan RS Kuala Kapuas di Jl. Kapten Pierre Tendean, Kuala Kapuas. RS Hanggulan Sinta berubah fungsinya hanya menjadi poliklinik saja, yang memberikan pelayanan rawat jalan kepada pasien. Sekitar akhir tahun 1990-an, poliklinik ini akhirnya ditutup. Menurut keterangan penghuni bekas bangsal anak RS Hanggulan Sinta, sisa-sisa kayu dari bangunan rumah sakit di lelang oleh gereja dan yang tersisa hanya satu bangunan saja. Berbeda dengan rumah sakit, gereja yang tadinya kecil, sekarang sudah lebih besar sebelumnya. Setelah Bassel Mission selesai bertugas di Borneo, tugas misi diserahkan kepada Geraja Kalimantan Evangelis (GKE).
Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbkaltim/ https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbkaltim/2017/03/gereja-barimba-kalimantan-tengah/
Comments
Loading...