Gedung Yayasan Pusat Kebudayaan, Jalan Naripan

0 173

Gedung Yayasan Pusat Kebudayaan, Jalan Naripan

Terletak di depan Bank BJB di Jalan Naripan, Gedung YPK terlihat agak menonjol dengan warna merah batanya. Sepertinya sedikit orang yang tahu bahwa gedung ini merupakan gedung bersejarah. Dahulu gedung ini dipakai oleh Societeit Ons Genoegen, salah satu klub masa lalu selain Societet Concordia yang menempati Gedung Concordia (sekarang Gedung Merdeka ) di Grotepostweg (Jalan Asia Afrika).

Jika Societet Concordia termasuk perkumpulan elit khusus untuk orang Belanda totok, maka Societet Ons Genoegen keanggotannya bisa untuk Belanda indo atau pribumi. Bangunan yang sekarang bisa kita sebenarnya sudah versi yang lebih baru, dibangun tahun 1930 dengan arsitek G.J Bel. Oens Gnoegon ini memegang peranan penting pada jaman pergerakan. Para tokoh pergerakan sering sekali mengadakan pertemuan untuk membahas pergerakan nasional di sini. Sebagai contoh Soekarno, yang tinggal tidak terlalu jauh dari Jalan Naripan ini.

Source https://achmadrizal.staff.telkomuniversity.ac.id https://achmadrizal.staff.telkomuniversity.ac.id/gedung-yayasan-pusat-kebudayaan-jalan-naripan/
Comments
Loading...