Gedung Yayasan Pusat Kebudayaan Bandung

0 230

Lokasi Gedung Yayasan Pusat Kebudayaan

Gedung Yayasan Pusat Kebudayaan terletak di Jl. Naripan No.9, Braga, Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat 40111.

Gedung Yayasan Pusat Kebudayaan

Gedung Yayasan Pusat Kebudayaan Bandung

Gedung Yayasan Pusat Kebudayaan (YPK) merupakan sebuah bangunan bersejarah di kota Bandung, Jawa Barat, Indonesia. Dan sekarang gedung ini berfungsi sebagai tempat pergelaran pertunjukan seni dan budaya. Gedung ini juga dapat digunakan untuk acara seminar, kongres, pertemuan, bahkan untuk pesta perkawinan atau pesta perpisahan sekolah.

Gedung Yayasan Pusat Kebudayaan ini dibangun pada masa pemerintahan kolonial Hindia Belanda. Gedung Yayasan Pusat Kebudayaan ini dahulunya berfungsi sebagai Sositet (Balai Pertemuan) yang bernama Ons Genoegen. Pada zaman pergerakan kemerdekan pada tahun 1930-an, para tokoh politik nasional juga sudah memanfaatkannya untuk vergadering (rapat) atau pun ceramah politik.

Kini, Gedung YPK khusus digunakan untuk kegiatan kesenian dan kebudayaan. Bentuk bangunan Gedung Yayasan Pusat Kebudayaan yang tergolong cagar budaya tersebut tidak banyak berubah. Konturnya masih asli, dengan bentuk jendela dan pilar-pilar khas Eropa. Terdapat pula aula yang biasanya dipakai untuk latihan menari dan pameran. Sementara itu aula lainnya yang lebih luas digunakan untuk berbagai pertunjukan. YPK sendiri sudah ada sejak 1949. Dulu nama Gedung Yayasan Pusat Kebudayaan adalah Stichting Cultur Center. Sejak dulu, salah satu tugas yang diemban YPK adalah pembinaan, pengembangan, dan apresiasi seni budaya. Seniman yang lahir dari YPK di antaranya Bing Slamet, Upit Sarimanah, dan Asep sunandar Sunarya.

Source Gedung Yayasan Pusat Kebudayaan Bandung Jawa Barat
Comments
Loading...