Gedung Yayasan Dharma Bakti (YDB)

0 19

Gedung Yayasan Dharma Bakti (YDB)

Sebuah keniscayaan yang patut disayangkan. Saat bangunan kuno berbahan utama kayu terpaksa harus dirubuhkan karena rapuh dimakan zaman, untuk kemudian dibangun kembali dengan struktur yang lebih kokoh dan tahan lama. Itulah yang terjadi pada bangunan lama Yayasan Dharma Bakti (YDB) di Jalan Pangeran Hidayatullah, yang tidak bisa disebut gedung karena merupakan konstruksi semipermanen.

Rendahnya pemahaman atas pentingnya pencatatan momen sejarah secara runut, membuat tidak banyak lagi sesepuh warga Tionghoa Samarinda yang tahu pasti kapan bangunan lama YDB itu berdiri. Hanya ada perkiraan, bahwa bangunan organisasi sosial kemasyarakatan yang menaungi warga semua sub suku Tionghoa di Samarinda itu, dibangun pada era 40-an berdampingan dengan bangunan-bangunan paguyuban sub suku lainnya. Untung saja pada saat sentimen negatif pemerintah Orde Baru terhadap warga Tionghoa di Indonesia memuncak, bangunan lama YDB termasuk salah satu yang tidak dirampas negara. Sementara bangunan-bangunan paguyuban lain telah beralih kepemilikan, dan sudah menjadi aneka gedung (rumah sakit, kantor partai politik, Ruko, dan sebagainya).

Eksistensi bangunan yang mewadahi aktivitas sosial dan budaya warga Tionghoa Samarinda itu sempat terhenti pada pertengahan masa 2000-an. Bangunan lama diruntuhkan, kemudian dibangun kembali dengan desain seperti sekarang yang lebih megah dan modern. Terlepas dari sejumlah drama yang mengiringinya.

Source https://undas.co https://undas.co/2015/08/6-bangunan-legendaris-di-samarinda-kota/
Comments
Loading...