Gedung Tjipta Niaga Jakarta

0 597

Lokasi Gedung Tjipta Niaga Jakarta

Gedung ini terletak di Jalan Kali Besar Timur No. 19 Kelurahan Pinangsia, Kecamatan Taman Sari, Kota Jakarta Barat, Provinsi DKI Jakarta.

Gedung Tjipta Niaga Jakarta

Dulu, gedung Tjipta Niaga ini tergolong mewah pada waktu itu sehingga melalui gedung Tjipta Niaga ini terlihat bukti kejayaan perekonomian Batavia. Namun karena kurangnya perawatan, gedung ini mengalami kerusakan. Salah satu kerusakan yang dapat terlihat adalah adanya dinding bangunan yang ditumbuhi tanaman, lumut, serta terdapat bagian bangunan yang sudah hilang atau roboh, sehingga jika ingin difungsikan kembali harus dilakukan upaya konservasi agar bangunan aman dan nyaman untuk digunakan.

PT Tjipta Niaga adalah satu dari 12 bangunan yang termasuk di dalam proyek Revitalisasi Kota Tua Jakarta yang dilakukan oleh Jakarta Old Town Revitalization Corp (JOTRC) yang merupakan konsorsium swasta dengan tujuan mengembangkan cara-cara inovatif untuk menghubungkan sektor swasta dengan Pemerintah DKI Jakarta. JOTRC memiliki misi merevitalisasi Kota Tua untuk tempat bekerja, tinggal, dan bermain. Di dalam revitalisasi ini terkandung unsur pelestarian cagar budaya, tujuan investasi, area turisme, dan promosi keberagamaan budaya.

Sebelum dilakukan revitalisasi yang kini tengah berjalan, sesungguhnya gedung Tjipta Niaga telah menjadi PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (Persero) atau Indonesia Trading Company. PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (PPI) sendiri merupakan perusahaan hasil merger dari 3 BUMN Niaga, yaitu PT Pantja Niaga, PT Dharma Niaga, dan PT Tjipta Niaga, berlaku efektif sejak tanggal 31 Maret 2003 berdasarkan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 22 Tahun 2003. Pelaksanaan merger ketiga eks BUMN Niaga ditujukan untuk meningkatkan efisiensi manajemen, memaksimalkan keuntungan, integrasi bisnis dan meningkatkan kepemilikan aset. Berhubung terakhir kali yang menggunakan gedung ini adalah PT Tjipta Niaga, maka gedung ini pun tetap dikenal sebagai gedung Tjipta Niaga. Gedung ini terdiri dari dua lantai dengan luas lantai 2.223 m² dan di sisi kiri dan kanannya yang menghadap ke Kali Besar terdapat dua menara kembar. Lalu, gedung ini tidak berfungsi cukup lama hingga datangnya kerja sama revitalisasi gedung yang dilakukan oleh PPI dan JOTRC

Source Gedung Tjipta Niaga Jakarta Jakarta
Comments
Loading...